Kohesi (bahasa) adalah | Definisi dan Arti Kata

Pengertian dan definisi Kohesi dalam bahasa Indonesia. Kohesi adalah keserasian hubungan antara unsur yang satu dengan unsur yang lain sehingga tercipta susunan kata yang apik, sedap di dengar dan dibaca. Dalam pahasa, kohesi merujuk pada perpaduan dan keserasian dalam memilih kata dan menyambungkan kalimat. Dimana semua unsur lahir dalam penggalan teks tersebut terpadu, baik secara leksikal maupun gramatikal.

Contoh Kohesi dalam bahasa dalah sebagai berikut:

    Musim hujan banjir. Hujan turun dengan deras. Sinar matahari berkurang. Langit selalu mendung dan tertutup awan. Baju di jemuran tidak kering dan berbau.

Rangkaian kaimat diatas merupakan sebuah gagasan yang saling mendukung dan menjelaskan. Bercerita tentang suasana di musim penghujan. Namun begitu, kalimat diatas tidak kohesif, karena masing-masing kata terhubung secara tidak sempurna. Untuk memperbaikinya, di perlukan kata penghubung, sehingga paragraf diatas menjadi seperti di bawah ini:

    Di saat musim hujan, banjir selalu datang. Karena Hujan turun dengan deras. Sinar matahri berkurang karena langit selalu mendung dan tertutup awan. Sehingga baju di jemuran tidak kering dan berbau.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)