Perbedaan GPRS, EDGE, 3G dan HSDPA

Perbedaan GPRS, EDGE, 3G dan HSDPA. GPRS, edge, 3G dan HSDPA adalah tingkatan teknologi dalam hal mengakses internet. Setiap tingkatan menunjukan kemajuan dan perkembangan yang di tujukan untuk memuaskan pelangan. GPRS sebagai generasi pertama merupakan cikal bakal dari akses internet yang murah dan meriah. namun memiliki kecepatan loading yang rendah. Untuk itu di ciptakan edge yang memiliki kecepatan lebih tinggi dari GPRS, begitu seterusnya. Sehingga mencapai suatu teknologi yang invasinya tiada henti. Untuk mengetahui perbedaan dari GPRS, Edge, 3G atau UMTS dan HSDPA silah baca pengertian dan definisi dari masing-masing di bawah ini.

Perbedaab GPRS, Edge, 3G dan HSDPA

GPRS (General Packet Radio Service) : teknologi internet yang digunakan untuk pengiriman dan penerimaan paket data. GPRS sering disebut dengan teknologi 2.5G. Fasilitas yang diberikan oleh GPRS : e-mail, mms (pesan gambar), browsing internet. Secara teori GPRS memberikan kecepatan akses antara 56kbps sampai 115kbps.

EDGE (Enhanced Data for Global Evolution) : teknologi perkembangan dari GSM, rata-rata memiliki kecepatan 3kali dari kecepatan GPRS. Kecepatan akses EDGE secara teori sekitar 384kbps. Fasilitas yang disediakan EDGE sama seperti GPRS (e-mail, mms, dan browsing).

3G atau UMTS (Universal Mobile Telecommunication Service) : 3G atau UMTS memiliki fasilitas yang setingkat lebih tinggi dari EDGE. Karena itu UMTS sering disebut generasi ke tiga (3G). Dimana tingkatanya adalah GPRS. Edge, lalau 3G.  Selain menyediakan fasilitas akses internet (e-mail, mms, dan browsing), UMTS juga menyediakan fasilitas video streaming, (termasuk didalamnya: video conference, dan video calling). Secara teori kecepatan akses 3G atau UMTS sekitar 480kbps.

HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) merupakan perkembangan akses data selanjutnya dari 3G. HSDPA sering disebut dengan generasi 3.5 (3.5G) karena HSDPA masih berjalan pada platform 3G. Secara teori kecepatan akses data HSDPA sama seperti 480kbps, tapi pastinya HSDPA lebih cepat lah. Kalau gak lebih cepat apa gunanya menciptakan HSDPA. Semakin baru tekonologi pastinya semakin bagus.

credit to: Perbedaan akses data Wyasha