Proses Fotosintesis Tumbuhan | Reaksi Anabolisme

Proses Fotosintesa pada tumbuhan. Fotosintesis adalah salah satu contoh reaksi anabolisme. Anabolisme adalah peristiwa perubahan senyawa sederhana menjadi senyawa kompleks. Proses fotosintesis adalah proses pembentukan karbohidrat Proses Reaksi Fotosintesis dari air dan karbondioksida pada daun dengan bantuan matahari. Proses fotosintesis pada tumbuhan biasanya di tuliskan dengan rumus sederhana. Namun sebenarnya prosesnya tidaklah sesederhana rumus tersebut. Karena pada proses fotosintesis terjadi dalam 2 tahap reaksi, yaitu:


Proses Fotosintesis pada Tumbuhan

Reaksi anabolisme pada tumbuhan seperti fotosintesis tidak dapat terjadi tanpa bantuan sinar matahari dan adanya zat hijau daun atau kloroplas. Maka secara sederhana, proses fotosintesa di rumuskan sebagai berikut: 6H2O + 6CO2 + cahaya → C6H12O6 (glukosa) + 6O2. Padahal sesungguhnya, proses reaksi fotosintesis tidak sesederhana itu, karena ada banyak reaksi biokimia yang terlibat di dalamnya. Secara umum, proses fotosintesis terjadi dalam 2 tahap yaitu:

1. Reaksi Terang Fotosintesis

Reaksi terang adalah tahapan proses fotosintesis dimana pada prosesnya di perlukan cahaya untuk membentuk energi. Pada reaksi terang terbentuk energi dalam bentuk ATP dan NADPH. ATP dan NHDPH di hasilkan dari perubahan kloroplas atau zat hijau daun yang bereaksi dengan  air (H2O) dengan bantuan sinar matahari. Sebagai hasil sampingan, pada reaksi terang fotosintesis juga di hasilkan O2.

2. Reaksi Gelap Fotosintesis

Reaksi gelap terjadi di stroma kloroplas dan tidak memerlukan cahaya. Pada reaksi gelap, energi yang dihasilkan pada reaksi terang yang berupa NADPH dan ATP digunakan untuk mengubah karbon dioksida (CO2) menjadi gula atau sukrosa melalui mekanisme Siklus Calvin atau fiksasi karbon.