Macam-macam Asam Nukleat | Jenis-jenis Asa Nukleat

Macam-macam Jenis Asam Nukleat. Asam nukleat adalah senyawa organik yang terkandung di dalam inti sel (Nukleus). Berdasarkan molekul penyususnnya, asam nukleat terbagi menjadi 2. Berikut ini adalah macam-maca asam nukleat.

Jenis-jenis Asam Nukleat

Asam nukleat di bedakan berdasarkan senyawa gula pentosa yang menjadi penyusunnya. Secara umum ada 2 jenis asam nukleat, yaitu:

1. Asam Deoksiribosa nukleat (DNA)

Asam Deoksiribosa nukleat adalah asam nukleat yang molekulnya terbentuk dari dua untai polinukelotida atau biasa di sebut dengan istilah untai ganda atau double helix. Dimana setiap polinukleutida dari DNA terdiri atas nukletida-nukleutida yang dihubungkan oleh ikatan phospodiester. Setiap nukleotida dari DNA mengandung 3 komponen penting yaitu:

  • Basa heterosiklik Purin dan Pirimidin. Dimana Purin tersusun dari basa nitrogen adenine dan guanin, sedangkan Pirimidin tersusun dari basa nitrogen timin dan sitosin.
  • Gugus fosfat
  • Gula pentosa deoksiribosa (deoxyribose)

Karena adanya gugus gula pentosa deoksribosa inilah maka asam nukleat jenis disebut sebagai Deoxyribonucleic acid (DNA) atau Asam Deksiribosa Nukleat (ADN)

2. Asam Ribosa nukleat (RNA)

Asam Ribosa nukleat adalah asam nukleat yang tersusun dari molekul yang merupakan hasil instruksi DNA yang disintesis melalui mekanisme transkripsi DNA untuk selanjutnya ditransfer keluar dari inti sel masuk ke dalam sitoplasma. Molekul RNA merupakan untai tunggal polinukleutida atau yang biasa di kenal dengan single stranded. Dimana nukleotida penyusun RNA tersusun dari beberapa komponen penting yang hampir sama dengan yang ada pad DNA, yaitu:

  • Basa heterosiklik Purin dan Pirimidin. Hanya saja pada pirimidin, basa nitrogen yang menjadi penyusunnya adalah urasil dan sitosin. Sedangkan pada Purin, basa nitrogen penyusunnya adalah sama, yaitu Adenine dan Guanin.
  • Gugus fosfat
  • Gula pentosa Ribosa sehingga di sebut sebagai Ribonucleic acid(RNA)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)