Macam-macam Bentuk Delta | 4 Jenis Bentuk Delta

Macam-macam jenis Bentuk Delta. Delta adalah endapan tanah yang berbentuk dataran yang ditemukan di muara sungai. Hampir di setiap muara sungai besar di temukan delta. Contohnya adalah delta Sungai Brantas, delta Bengawan solo, delta Sungai Ciliwung, dll. Delta terdiri dari berbagai macam bentuk. Macam-macam bentuk delta antara lain adalah:


Macam-macam jenis Bentuk Delta

Setidaknya ada 4 macam bentuk delta yang biasa di jumpai di berbagai muara sungai di dunia. Jenis-jenis bentuk delta tersebut adalah:

1.  Delta lobben
Delta lobben terbentuk jika air sungai yang mengalir ke muara membawa banyak endapan tanah. Delta seperti ini terbentuk dengan cepat. Delta lobben berbentuk menyerupai kaki burung. Contoh delta Lobben adalah: adalah delta missisippi, delta citarum, dll

2. Delta tumpul atau Delta Busur
Delta tumpul atau delta busur terbentu karena aliran sungai tidak membawa banyak endapan. Disebut delta busur karena bentuknya menyerupai busur dan keadaannya cenderung tetap. Contoh delta busur adalah; delta Sungai Niger dan Delta Sungai Nil.

3. Delta runcing
Bentuknya runcing ke atas dan menyerupai kerucut. Semakin lama, kadaan delta ini semakin menyempit. yang mungkin di sebabkan oleh mengecilnya debit aliran sungai sehingga proses pengendapan lebih lambat daripada proses abrasi. Contoh delta runcing adalah: delta Sungai Tiber.

4. Delta estuaria
Delta ini adalah bagian dataran yang rendah dan luas dari mulut sungai dan berbentuk seperti corong. Contoh delta estuaria adalah: delta Sungai Pearl

Semoga artikel Ini bermanfaat.