Misteri Tongkat Bung Karno. Bapak Proklamator Indonesia, Soekarno atau bung Karno merupakan sosok misterius yang kehidupannya di selimuti dengan misteri dan supranatural. Salah satuanya misteri yang berkenaan dengan tongkat beliau. Misteri Tongkat Bung Karno Bung Karno di kenal gemar membawa tongkat, baik dalam acara formal seperti kunjungan kenegaraan ataupun pidato –pidato kenegaraan atau pun dalam acara-acara non formal lainnya. Sehingga banyak yang berpedapat bahwa tongakt bungkarno tersebut memiliki kesaktian. Misteri kesaktian tongkat bung karno itu sendiri telah di sangkal oleh bung karno, dengan mengatkan bahwa tongkatnya hanyalah tongkat biasa, dan hanya merupakan aksesoris biasaya yang selalu di bawah-bawah oleh pemimpin negara.

Lalu benarkah Tongkat bung Karno itu sakti?  Misteri kesaktian tongkat Bung Karno pernah di pertanyakan oleh Fidel Castro. Tapi Bung Karno tidak menjawab dan hanya tersenyum saja. Konon katanya, Bung Karno sendiri memiliki tiga tongkat komando yang bentuknya sama, satu tongkat yang ia bawa ke luar negeri, satu tongkat untuk berhadapan dengan para Jenderalnya dan satu tongkat waktu ia berpidato. Namun kalau keadaan buru-buru dan harus pergi, yang kerap ia bawa adalah tongkat sewaktu ia berpidato. Tongkat Bung Karno terbuat dari dari bahan kayu Pucang Kalak yang hanya ada di Ponorogo. Sepeti kita ketahui, daerah Ponogoro terkenal dengan misteri supranaturalnnya yang kental seperti misteri yang menyelimuti Reog dan Warok. Kayu bakal tongkat di peroleh Bung Karno dari seorang misterius yang tidak di kenal yang pada suatu malam mendatangi Bung Karno dengan sebalok kayu dan berkata, ‘untuk menghadapi para Jendral’.

Tapi memang para Jendral sangat tunduk kepada Soekarno, entah karena beliau adalah seorang Presiden atau karena Tongkatnya. yang jelas sebelum peristiwa G30SPKI, Bung Karno dan Tongkatnya adalah suatu legenda. Dan hingga kini Misteri Tongkat Bung Karno belum ada yang memecahkannya dan mungkin akan tetap menjadi misteri selamanya.