Sistem Kekebalan dan Pertahanan Tubuh. Sistem kekebalan dan pertahanan tubuh yang disebut juga sistem Imunitas adalah suatu sistem yang dimiliki tubuh untuk melindungi diri dari penyakit. Apabila tubuh mendapatkan serangan dari benda asing maupun infeksi mikroorganisme (kuman penyakit, bakteri, jamur, atau virus) maka sistem kekebalan tubuh akan membentuk suatu zat yang akan berperan dalam menteralisir dan menghancurkan benda asing tersebut. Dalam sistem kekebalan tubuh, benda asing tersebut di sebut antigen, sedangkan zat yang di bentuk tubuh untuk melindungi diri di sebut antibodi. Untuk mengetahui cara kerja sistem kekebalan tubuh dapat di baca di SINI

Macam-macam Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem Kekebalan tubuh ada 2 macam, yaitu:
1. Sistem Kekebalan tubuh alami
Sistem kekebalan tubuh alami terjadi jika tubuh mampu membentuk sistem pertahanan diri terhadap suatu penyakit atau benda asing tanpa mendapatkan perlakuan tertentu. Kekebalan alami di sebut juga kekebalan perolehan atau aquired immune.

2. Sistem Kekebalan tubuh buatan
Sistem kekebalan tubuh buatan adalah sistem kekebalan tubuh yang terbentuk setelah tubuh mengalami perlakuan tertentu yang merangsang terbentuknya antibodi. Contoh perlakukan khusus untuk meciptakan kekebalan buatan adalah pemberian vaksin melalui proses vaksinasi.