Arti kata Qorin adalah sang pendamping. Qorin berasal dari bahasa arab yang artinya adalah teman yang selalu mendampingi kita. Didalam Al Quran di sebutkan bahwa setiap manusia yang lahir ke dunia memiliki Qorin. Qorin ini akan setia mendampingi manusia sampai akhir hayatnya. Tugas qorin sendiri, tidak di sebutkan secara pasti kecuali untuk membisiki dan mempengaruhi manusia untuk melakukan sesuatu. Manusia yang lemah akan mudah terpengaruh oleh bisikan qorin ini. Jika bisikan baik tidak ada apa. Tapi jika bisikan jahat, bagaimana?

Baik dan buruknya qorin ini tergantung pada kekuatan jiwa masing-masing individu dan kemapuan otak individu yang bersangkutan untuk berpikir dan menggunakan logika. Sehingga jika ada bisikan yang merasuk kedalam jiwa kita, kita bisa memilah dan memperimbangkannya dengan baik sebelum bertindak. Dalam salah satu hadist nabi di sebutkan bahwa qorin tidak akan membisiki manusia kecuali kepada kesesatan… wallahu a’lam.

Ketika seseorang mati, qorin akan tetap tingga di dunia hingga hari pembalasan tiba. Sifat qorin tergantung dari individu yang di dampinginya. Ada qorin baik ada juga qorin yang jahat. Qorin orang baik akan menjadi baik dan qorin yang jahat akan cenderung untuk berbuat jahat. Qorin-qorin inilah yang kemungkinan besar akan menjelma menjadi hantu atau arwah gentayangan untuk menganggu manusia. Yang kemudian di sangka manusia sebagai penampakan roh orang yang sudah mati tersebut. Padahal orang yang sudah mati tidak punya hubungan lagi dengan orang hidup. Jika anda pernah menemui fenomena doppelganger maka kemungkinan besar itu adalah penampakan dari qorin oran yang anda lihat tersebut.

Di internet banyak sekali ilmu-ilmu dan ritual untuk bisa bertemu dan menundukan qorin diri sendiri. Tapi admin kamuslife.com sependapat dengan Meysha Lestari dalam karyanya “Sang Pendamping” bahwa berdampingan sebagai kawan dan sahabat adalah lebih terhormat daripada menjadi taklukan dan objek perbudakan.