Imbisil (Idiot) | Macam-macam Kelainan Genetik

Imbisil atau idiot merupakan salah satu gangguan mental. Imbisil adalah salah satu gangguan mental yang di sebabkan oleh kelainan genetik. Imbisil adalah cacat genetik yang di turunkan. Orang imbisil secara populer dikenal sebagai orang idiot. Tidak ada obatnya tapi bisa di cegah. Caranya adalah tidak menikah dengan seseorang yang dalam garis keturunannya ada sejarah menderita imbisil.

Imbisil merupakan kelainan genetik dimana penderita tidak mampu mengubah fenilalanin menjadi asam amino tirosin. Sehingga terjadi penimbunan fenilalanin yang kemudian di ubah menjadi asam fenilpiruvat. Kadar asam fenilpiruvat inilah yang akan menghambat perkembangan mental dan fungsi otak penderita imbisil. Untuk mengetahui seseorang menderita imbisil selain karena ciri-ciri imbisil yang dimilikinya juga dapat di lakukan dengan medikal test. Medikal test dilakukan untuk melihat kadar residu asam fenilpiruvat dalam urin. Secara medis kondisi darah yang terlalu banyak mengandung asam fenilpiruvat di sebut sebagai Fenilketonuria.

Ciri-ciri Imbisil atau Idiot

  • Pertumbuhan mental terhambat
  • IQ rendah
  • Gerakan lambat, banyak bengong seperti tidak tahu harus berbuat apa
  • Rambut sering kekurangan pigmen sehingga kadang berwarna merah
  • Dalam urine dijumpai residu fenilpiruvat yang tinggi

Sepasang orang tua yang pembawa gen karier imbisil akan menghasilkan melahirkan seorang anak imbisil. Tetapi jika salah satu saja, maka hanya akan menyebabkan keturunannya karier imbisil. Karena pada imbisil gen yang berperan adalah gen resesif ph.