Macam-macam Gaya dan Teknik Renang | Cara Belajar Berenang

Macam-macam Gaya dan Teknik Renang. Cara belajar berenang itu banyak tekniknya. Berenang adalah olahraga air yang paling populer di dunia. Dengan berenang seseorang tidak akan tenggelam di dalam air serta dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain di dalam air.  Berikut ini adalah Gaya dan teknik berenang yang sering di lombakan dalam event-event nasional atau internasional.

Macam-macam Gaya dan Teknik Berenang

Gaya dan teknik berenang antara lain adalah:

1. Teknik berenang Gaya Bebas

Teknik berenang gaya bebas adalah cara berenang yang tidak terikat dengan teknik-teknik dasar tertentu yang penting bisa bergerak dengan bebas di dalam air. Gaya bebas merupakan salah satu gaya yang dapat membawa perenang melajuRenang Gaya Dada dan bergerak dengan cepat di dalam air.

2. Teknik berenang Gaya Dada/Gaya Katak

Teknik renang Gaya dada atau gaya katak adalah berenang dengan gerakan tubuh yang meniru gerakan katak yang sedang berenang. Berbeda dengan teknik berenang gaya bebas, gaya dada atau gaya katak adalah teknik berenang yang lambat. Biasanya di gunakan untuk rekreasi dan menunjukan keindahan.

3. Teknik berenang Gaya Punggung

Teknik berenang gaya punggung merupakan gaya berenang dengan cara telentang menghadap keatas. Renang gaya punggung merupakan teknik renang tertua yang di kenal di dunia. Disebut gaya punggung karena pada saat berenang, posisi punggung menghadap ke permukaan air sehingga wajah perenang menghadap keatas. Kelebihan gaya punggung ini adalah mudah mengambil nafas karena wajah tidak terbenam di dalam air.

4. Teknik berenang Gaya Kupu-kupu atau Gaya Lumba-lumba

Teknik berenang gaya kupu-kupu atau gaya lumba-lumba merupakan teknik berenang yang membutuhkan tenaga yang sangat besar. Kekuatan teknik berenang gaya ini adalah terletak pada kekuatan ayunan tangan. Persisi seperti kupu-kupu yang menggerakan sayapnya. Semakin banyak dan cepat ayunan tangan, maka akan semakin laju gerakan si perenang. Teknik berenang gaya kupu-kupu merupakan teknik berenang terbaru yang baru di ciptakan pada tahun 1933. Belajar berenang gaya kupu-kupu adalah yang paling sulit diantara semua teknik renang yang di sebutkan di sini. Dan mempelajarinya membutuhkan waktu yang sangat lama.