Macam-macam Otot | Jenis-jenis Otot

Macam-macam Jenis Otot. Otot adalah arat gerak aktif yang fungsi utamanya adalah menggerakan rangkah tubuh. Otot dapat bekerja denga atau tanpa perintah otak. Otot juga mempunyai bentuk. Bedasarkan letak, bentuk, cara kerja dll otot di bedakan menjadi 3. Berikut ini adalah macam-macam jenis otot yang ada pada tubuh manusia.

Macam-macam jenis otot

Macam-macam  jenis otot Macam-macam jenis otot antara lain adalah:

1. Otot Lurik

Otot lurik disebut juga dengan o tot rangka karena melekat pada rangka dan berfungsi menggerakkan rangka. Otot lurik tersusun atas serabut-serabut otot atau miofibril yang berinti banyak. Otot lurik berbentuk silindris dengan garis gelap terang. Memiliki banyak nukleus di tepi dan bekerja secara sadar atas perintah otak. Cara kerja otot lurik adalah cepat sehingga mudah lelah.

2. Otot Polos

Otot polos mempunyai bentuk seperti gelendong (perahu), berinti satu yang terdapat di bagian tengah. Otot polos memiliki miofibril yang berwarna polos. Otot polos terletak pada organ dalam tubuh seperti pada dinding saluran pencernaan, saluran pernapasan, dan pembuluh darah sehingga sering disebut otot organ dalam. Otot polos bekerja secara tidak sadar. Cara kerjanya lambat, teratur, dan tidak mudah lelah.

3. Otot Jantung (Myocardium)

Otot jantung atau Myocardium adalah otot yang hanya terdapat pada jantung karena itu di sebut otot jantung. Secara anatomi, otot jantung mempunyai ciri dan bentuk seperti otot lurik tetapi cara kerjanya seperti otot polos. Berinti banyak yang terletak di tengah. Otot jantung memiliki banyak percabangan yang disebut sinsitium. Otot jantung bekerja secara tidak sadar karena itu tidak cepat lelah dan bisa bekerja sepanjang masa.