Macam-macam Penyakit Tulang | Jenis-jenis Kelainan pada Tulang

Macam-macam Penyakit Tulang atau Jenis-jenis Kelainan pada Tulang. Tulang adalah bagian penting dari tubuh karena memiliki fungsi yang sangat vital. Fungsi tulang selain sebagai pembentuk tubuh, penyanggah tubuh, juga berfungsi sebgai anggota gerak tubuh bersama-sama dengan sendi dan otot. Seperti organ tubuh yang lain, tulang juga dapat di serang penyakit, gangguan atau kelainan yang dapat menghambat sistem fungsinya. Terutama sebagai anggota gerak tubuh yang paling vital. Penyakit pada tulang dapat di sebabkan oleh infeksi, kekurangan gizi, nutrisi dan vitamin, hormon dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah beberapa macam-macam jenis kelainan pada tulang yang sering menyerang.


Macam-macam Penyakit

Macam-macam penyakit tulang atau kelainan pada tulang antara lain adalah:

  • Osteoporosis
    Penyakit tulang rapuh yang disebabkan kekuatan tulang menurun sehingga rapuh dan mudah patah. Osteoporosis disebabkan oleh kurangnya kalsium pada tulang.
  • Kiposis
    Gangguan pada tulang belakang, sehingga tulang belakang penderita melengkung ke depan dan muncul badan menjadi bongkok.
  • Osteomalacia
    Tulang menjadi lunglai, penyakit tulang yang satu ini disebabkan oleh kekurangan vitamin D atau bisa disebabkan oleh metabolisme pada tubuh. Penyakit tulang osteomalacia sama seperti osteoporosis tulang akan mudah kropos dan patah.
  • Rickets
    Penyakit rickets sering terjadi pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan kalsium di tulang atau akibat radiasi matahari.
  • Ankilosis
    Ankilosis adalah gangguan pada persendian, sehingga sendi tidak bisa digerakkan dan dimana ujung-ujung antara tulang terasa bersatu.
  • Layuh semu
    Layuh semu adalah keadaan di mana tulang tidak bertenaga. Hal ini misalnya disebabkan oleh infeksi sifilis pada anak sejak dalam kandungan. Infeksi ini menyebabkan rusaknya cakra epifise, sehingga tulang menjadi layuh.
  • Rakitis
    Rakitis adalah penyakit tulang yang terjadi akibat kurang vitamin D sehingga umumnya menyebabkan bentuk tulang kaki bengkok membentuk huruf O atau X.
  • Fraktura / fisura
    Fraktura / fisura adalah patah / retaknya tulang. Dibedakan menjadi dua, yaitu patah tulang terbuka dan patah tulang tertutup. Patah tulang tertutup terjadi apabila tulang yang patah tetap terlindungi oleh otot dan kulit. Sedang patah tulang terbuka terjadi apabila tulang yang patah, merobek otot dan kulit sehingga mencuat ke permukaan
  • Nekrosa
    Nekrosa adalah
    matinya sel tulang. Biasanya hal ini disebabkan oleh kerusakan periosteum (selaput pembungkus tulang keras) yang bertugas menumbuhkan tulang.
  • Lordosis dan Skoliosis
    Lordosis dan Skoliosis adalah Gangguan pada ruas-ruas tulang belakang (vertebrae), jika ruas-ruas tulang belakang dilihat dari samping tampak terlalu bengkok ke depan disebut lordosis, dan bila terlalu bengkok ke belakang disebut kifosis, dan bila ruas-ruas tulang belakang bengkok ke samping disebut skoliosis.
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 2.0/10 (1 vote cast)
Macam-macam Penyakit Tulang | Jenis-jenis Kelainan pada Tulang, 2.0 out of 10 based on 1 rating