Manfaat Ilmu Biologi di bidang Kedokteran

July 19th, 2013 0 Comments

Manfaat Ilmu Biologi di bidang Kedokteran. Ilmu biologi dan kedokteran merupakan satu kesatuan yang tidak di pisahkan. Kemajuan ilmu biologi adalah terobosan penting dalam bidang kedokteran. Terurama dalam mendeskripsikan suatu penyakit yang di sebabkan oleh patogen serta menemukan obat-obatan penyembuh dan pencegahannya. Dahulu orang menganggap penyakit merupakan suatu kutukan dari tuhan. Sehingga penderita bukannya di obati dan di rawat tetapi dikucilkan dan di jauhi. Contoh penyakit yang di anggap penyakit kutukan antara lain adalah penyakit sipilis dan penyakit kusta.

Namun seiring dengan berbagai penemuan penting di bidang biologi seperti penemuan vaksin, antigen, antibiotik, dll yang dapat mencegah timbulnya suatu penyakit serta berguna untuk pengobatan, penyakit tidak lagi dianggap sebagai kutukan, tetapi sebagai ketidak mampuan tubuh membentengi diri sendiri dari pengaruh benda asing.

Sekarang, orang modern akan mencari tahu penyebab penyakit tersebut dan mengusahakan pengobatan atau pencegahannya. Kemajuan bidang kedokteran tidak lepas dari dukungan lmu biologi dan ilmu-ilmu lainnya. Dengan kemajuan ilmu dan teknologi kedokteran yang sangat pesat, dapat menunjang segala kebutuhan manusia akan hidup yang lebih sehat dan bermakna. Contoh manfaat ilmu biologi dalam bidang kedokteran antara lain teknologi bayi tabung, pengetahuan di bidang virologi, penggunaan vaksin untuk imunisasi, dll.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)

Comments are closed.

Categories
Please Like yooo…