Macam-macam Jenis Enzim Amilase. Enzim Amilase adalah sejenis enzim yang berfungsi untuk memecah amilum menjadi molekul yang lebih sederhana yaitu maltosa dan glukosa. Enzim amilase mempunyai peranan penting dalam proses pencernaan makanan. Dalam tubuh manusia, enzim amilase di produksi di dua tempat yaitu di kelenjar ludah dan di dalam pankreas. Selain dalam proses pencernaan makanan, enzim amilase juga berperan penting pada berbagai industri dan bioteknologi. Enzim amilase untuk keperluan ini di peroleh dari berbagai sumber seperti dari tumbuhan, hewan dan mikroorganisme. Ekstrak enzim amilase pertama kali diambil dari fungi yaitu pada tahun 1894. Kini bersama dengan kemajuan ilmu biologi dan teknologi, telah tersedia mikroba penghasil enzim amilase yang dapat di peroleh secara komersil.

Jenis-jenis enzim Amilase

Secara umum, enzim amilase terbagi dalam tiga jenis, yaitu:

1. Alfa Amilase (α-amilase), merupakan jenis enzim amilase yang di gunakan dalam proses pemecahan pati mejadi maltosa dan glukosa. Enzim alfa-amilase merupakan endoenzim yang memotong ikatan alfa-1,4 amilosa dan amilopektin dengan cepat. Proses ini dikenal dengan istilah likuifikasi pati.

2. Beta Amilase (βAmilase), merupakan enzim golongan hidrolase kelas 14 yang digunakan dalam proses sakarifikasi pati. Pemecahan makromolekul karbohidrat ini akan menghasilkan molekul karbohidrat rantai pendek (sederhana). Enzim beta-amilase atau disebut juga alfa-l,4-glukanmaltohidrolas E.C. 3.2.1.2. menginversi konfigurasi posisi atom C(l) atau C nomor 1 molekul glukosa dari alfa menjadi beta. Enzim ini memutus ikatan amilosa maupun amilopektin dari luar molekul dan menghasilkan unit-unit maltosa dari ujung nonpe-reduksi pada rantai polisakarida.

3. Glukoamilase merupakan enzim amilase yang dapat memecah polisakarida berukuran besar menjadi molekulnya yang berukuran kecil. Glukoamilase dikenal juga dengan nama lain alfa-1,4- glukan glukohidro-lase atau EC 3.2.1.3. Glukoamilase bekerja hampir sama dengan Beta-Amilase yaitu menghidrolisis ikatan glukosida alfa-1,4. Selain itu, enzim ini dapat pula menghidrolisis ikatan glikosida alfa-1,6 dan alfa-1,3 tetapi dengan laju yang lebih lambat dibandingkan dengan hidrolisis ikatan glikosida a-1,4. Hasil utama pemecahan karbohidrat dengan katalis enzim beta-amilase adalah glukosa.