Pengertian Sehat menurut MUI. Sehat berarti tidak sakit. Tetapi tidak sakit bukan berarti sehat. Bingungkan? Sakit tidak hanya berhubungan dengan badan tetapi juga segala aspek kehidupan. Seperti pengertian kesehatan menurut MUI. MUI (Majelis Ulama Indonesia) dalam MUNAS (Musyawarah Nasional) tahun 1983 mendefinisikan bahwa kesehatan adalah ketahanan jasmaniah, ruhaniyah dan sosial yang dimiliki manusia sebagai karunia Allah yang wajib disyukuri dengan mengamalkan tuntunan-Nya dan memelihara serta mengembangkannya.

Dari pengertian sehat menurut MUI diatas dapat di ketahui bahwa sehat tidak hanya berhubungan dengan sakit badan tapi segala aspek terkait yang mendukung kehidupan yang meliputi, sehat badan, sehat mental, sehat sosial dan sehat finansial. Ke empat aspek diatas kemudian di sebut sebagai Aspek-aspek Kesehatan.

Istilah sehat dalam kehidupan sehari-hari sering dipakai untuk menyatakan bahwa sesuatu dapat bekerja secara normal. Bahkan benda mati pun seperti kendaraan bermotor atau mesin, jika dapat berfungsi secara normal, maka seringkali oleh pemiliknya dikatakan bahwa kendaraannya dalam kondisi sehat. Kebanyakan orang mengatakan sehat jika badannya merasa segar dan nyaman. Bahkan seorang dokterpun akan menyatakan pasiennya sehat manakala menurut hasil pemeriksaan yang dilakukannya mendapatkan seluruh tubuh pasien berfungsi secara normal. Karena itu untuk lebih memfokuskan diri akan definisi Sehat yang lebih global maka pihak-pihak terkait mendefinisikan sehat dalam sudut pandang mereka. Selain pengertian sehat menurut ada juga beberapa pengertian sehat yang lain, diantaranya:

  • Pengertian sehat menurut WHO
  • Pengertian sehat menurut Paune
  • Pengertian sehat menurut UU Pokok Kesehatan No. 9 tahun 1960, dll