Penggolongan makhluk hidup berdasarkan kandungan gizinya. Secara umum makhluk hidup di bedakan kedalam 2 golongan besar, yaitu tumbuhan dan hewan.  Hewan dan tumbuhan merupakan sumber pahan pangan utama bagi menjaga kelangsungan hidup manusia. Masing-masing hewan dan tumbuhan mengandung zat gizi yang berbeda. Pengolongan makhluk hidup berdasarkan kandungan gizinya di lihat dari kandungan gizi yang paling dominan. Hewan atau binatang merupakan bahan pangan sumber protein. Sedangkan tumbuhan merupakan bahan pangan sumber karbohidrat, vitamin dan mineral tergantung dari jenis tumbuhannya. Namun begitu bukan berarti hewan tidak mengandung vitamin dan mineral, hanya saja dalam jumlah yang tidak terlalu banyak di banding kandungan proteinnya.

Berbeda dengan hewan, tumbuhan terdiri dari lebih banyak aneka ragam jenis di bandingkan hewan. Secara umum, tumbuhan di klasifikasikan berdasarkan kandungan gizinya kedalam 4 golongan, yaitu:

  • Tumbuhan sumber karbohidrat, contohnya: singkong, gandum, padi, jagung, ubi, kentang, dll
  • Tumbuhan sumber protein, contohnya: kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang hijau, dll
  • Tumbuhan sumber lemak, contohnya: kelapa, sawit, bunga matahri, dll
  • Tumbuhan sumber vitamin dan mineral, contohnya: sayur dan buah-buahan

Kelemahan dari penggolongan makhluk hidup berdasarkan kandungan gizinya, hampir sama dengan penggolongan makhluk hidup berdasarkan kegunaannya. Karena banyak jenis makhluk hidup yang masuk kedalam beberapa kategori karena memiliki kandungan gizi dominan lebih dari 1 jenis. Contohnya adalah tanaman kacang-kacangan, selain sebagai sumber protein dapat juga di masukan kedalam tumbuhan sumber lemak, karena mempunyai kadar lemak yang juga tinggi.