Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan. Setiap makhluk hidup, dalam hidupnya pasti akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang berlangsung secara bertahap. Untuk mengetahui apa pengertian dan definisi pertumbuhan dan perkembangan dapat di baca di SINI. Pertumbuhan berupa pertambahan volume, seperti menjadi tinggi, besar, mempunyai banyak daun, dll.  sedangkan perkembangan adalah proses menuju kedewasaan, seperti munculnya bunga yang merupakan alat perkembangbiakan pada beberapa tumbuhan.

Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tanaman

FastStoneEditor Pertumbuhan dan Perkembangan (1) : Pertumbuhan dan Perkembangan pada TumbuhanPertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan terdiri dari beberapa tahap. Untuk melihat secara sepintas apa saja tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dapat di lihat di SINI. Pada tumbuhan, proses pertumbuhan dimulai dari perkecambahan biji.  Perkecambahan dapat terjadi apabila kandungan air dalam biji semakin tinggi karena masuknya air ke dalam biji melalui proses imbibisi. Struktur yang pertama muncul, yang menyobek selaput biji adalah radikula yang merupakan calon akar primer. Pada bagian ujung sebelah atas terdapat epikotil (calon batang). Biji yang sudah berkecambah akan segera diikuti oleh pertumbuhan primer karena pada pucuk dan ujung akar terdapat jaringan yang bersifat meristematik (selalu membelah). Tumbuhan dikotil akan mengalami pertumbuhan sekunder karena memiliki jaringan kambium. Tetapi pada tumbuhan monokotil yang tidak memiliki haringan kambium tidak mengalami pertumbuhan sekunder. Setelah fase pertumbuhan akan di lanjutkan dengan fase perkembangan. Pada fase ini, tumbuhan mulai mengalami proses organogenesis seperti munculnya organ perkembangbiakan seperti munculnya bunga dari kelopak daun yang merupakan cikal bakal buah yang menghasilkan biji.

Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan di pengaruhi oleh beberapa faktor, untuk mengetahui nya silah baca artikel tentang Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada Tumbuhan.