Cara Kerja Sistem Kekebalan Tubuh Manusia. Manusia adalah makhluk hidup paling kompleks di bumi. Manusia merupakan spesies hewan karnivora yang paling rentan terhadap serangan penyakit. Penyakit tersebut dapat berupa infeksi ataupun  bukan infeksi. Penyakit yang berupa infeksi di sebabkan oleh patogen yang masuk ketubuh melalui berbagai medium. Patogen ini dapat berupa bakteri, virus, atau jamur. Yang kehadirannya dalam tubuh dapat menimbulkan penyakit. Patogen dapat di jumpai di mana saja. Demi melindungi tubuh dari jasad renik berbahaya ini, tubuh mengembangkan serangkaian pertahanan yang di sebut sistem kekebalan. Lalu bagaimanakah cara kerja sistem kekebalan dalam melindungi tubuh dari infeksi patogen.

Cara Kerja Sistem Kekebalan Tubuh Manusia

Setidaknya ada 4 jenis sel yang bekerja sama untuk melindungi tubuh dari serangancara kerja sistem kekebalan tubuh infeksi. Ketiga sel itu bekerja secara bersama-sama dan sistematis dalam menahan serangan patogen. Keempat sel tersebut adalah neurofil, monosit, limfosit dan sel pembunuh. Jika ada serangan patogen, keempat sel tersebut akan berjuang bersama, baik secara sendiri-sendiri atau gabungan untuk membentuk suatu antibodi. Berikut cara kerja sistem kekebalan tubuh manusia.

  • Neurofil adalah sel pertahanan tubuh pertama yang melawan infeksi patogen. Begitu sel patogen memasuki tubuh, sel neutrofil langsung menyerang.
  • Monosit, begitu ada patogen masuk kedalam tubuh dan lolos dari perangkap neutrofil, monosit akan berubah menjadi makrofag dan menelan semua patogen yang lolos.
  • Limfosit adalah sumber pertahanan sebenar dari sistem kekebalan tubuh. Sel ini mempunyai memori yang dapat mengingat setiap serangan patogen yang pernah terjadi dan mampu menciptakan antibodi yang tepat untuk menghancurkannya. Antibodi adalah protein yang di hasilkan oleh limposit. Antibodi ini merupakan perlindungan akhir terhadap serangan patogen. Anti bodi bekerja dengan cara menempel pada patogen dan melumpuhkannya.
  • Sel Pembunuh alami mempunyai peranan untuk membunuh semua patogen dan menghancurkan semua sel tubuh yang rusak sehingga sel baru dapat tumbuh dan berkembang.

Sistem kekebalan tubuh tidak dapat menghancurkan semua patogen. Ada patogen yang sangat kuat seperti virus HIV yang mempunyai kemampuan untuk menghancurkan sistem kekebalan tubuh seseorang sehingga tubuh menjadi rentan terhadap segala macam penyakit. Sistem kekebalan tubuh manusia terdiri dari macam. Untuk mengetahui macam-macam sistem kekebalan tubuh manusia dapat di baca di SINI.