Macam-macam Jaringan Meristem

Macam-macam Jenis Jaringan Meristem. jaringan meristem adalah jaringan yang sel-selnya aktif membelah. Pembelahan sel pada jaringan meristem berlangsung secara mitosis atau mitosis dan meiosis tergantung pada jenis sel yang membelah diri. Secara umum, jaringan meristem terbagi menjadi 2, yaitu:

Macam-macam Jaringan Meristem

1. Jaringan Meristem Primer

Jaringan meristem primer adalah jaringan yang terletak pada ujung akar dan ujung batang.  Aktivitas meristem kedua bagian ini menyebabkan terjadinya pertumbuhan ke bawah dan ke atas yang disebut juga pertumbuhan primer. Jaringan meristem yang terdapat di ujung batang dan ujung akar ini disebut meristem apikal.

2. Jaringa Meristem Sekunder

Jaringan meristem sekunder adalah jaringan meristem yang berasal dari jaringan dewasa yaitu kambium dan kambium gabus. Kegiatan jaringan meristem menimbulkan pertambahan besar tubuh tumbuhan. Contoh jaringan meristem skunder yaitu kambium. Kambium adalah lapisan sel-sel tumbuhan yang aktif membelah dan terdapat diantara jaringan pengangkut xilem dan floem. Pertumbuhan ke samping yang dimotori oleh pembelahan sel-sel pada kambium disebut pertumbuhan sekunder. Pertumbuhan skunder Ini biasa terjadi pada tumbuhan dikotil dan Gymnospermae(tumbuhan berbiji terbuka ) dimana  pertumbuhan kambium kearah luar akan membentuk kulit batang, sedangkan kearah dalam akan membentuk kayu.Pada masa pertumbuhan, pertumbuhan kambium kearah dalam lebih aktif dibandingkan pertumbuhan kambium kearah luar, sehingga menyebabkan kulit batang lebih tipis dibandingkan kayu. Jaringa meristem yang terdapat pada kambium di sebut meristem lateral.