Dampak Negatif kekurangan Insulin. Insulin adalah sejenis hormone peptide yang disekresikan oleh sel β dari Langerhans pancreas. Fungsi insulin adalah untuk mengatur kadar normal glukosa darah. Normalnya, semakin tinggi kadar gula dalam darah seseorang maka semakin banyak insulin yang dilepaskan oleh pankreas untuk mengambil kelebihan kadar gula tersebut dan menyimpannya sebagai cadangan makanan. Namun begitu, kondisi ini bisa saja berubah seratus 180 derajat. Ketika darah mengandung banyak gula ternyata insulin yang di lepaskan oleh pankreas sangat sedikit atau tidak ada sama sekali. Ketika kondisi ini terjadi maka artinya tubuh kekurangan insulin. Solusi satu-satunya adalah mendapat suplai insulin dari luar.

Dampak negatif kekurangan insulin akan menyebabkan timbulnya sejenis penyakit yang di sebabkan karena tingginya kadar gula dalam darah. Penyakit tersebut merupakan momok paling menakutkan bagi siapa saja karena dapat menyebabkan kematian. Penyakit kelebihan kadar gula dalam darah di sebut juga penyakit kencing manis atau diabetes mellitus.

Seseorang yang menderita penyakit diabetes mellitus akan membutuhkan suplai insulin dari luar agar tetap bertahan hidup. Suplai insulin yang di berikan juga tergantung dari diagnosa penyakitnya. Karena diabetes mellitus bukan hanya terdiri dari dari 1 jenis tetapi banyak jenisnya. Untuk mengetahui macam-macam jenis penyakit diabetes mellitus silahkan baca di SINI.

Selain menyebabkan penyakit diabetes mellitus, dampak negatif kekurangan insulin yang lain diantaranya yaitu:

  • Kekurangan insulin akan menyebabkan metabolisme tubuh terganggu
  • Kekurangan insulin menyebabkan kegagalan dalam pemasukan glukosa kejaringan sehingga sel-sel kekurangan glukosa
  • Kekurangan insulin akan menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah yang akan mengakibatkan penumpukan sorbitol dan lemak pada tunika intima sehingga pembuluh darah mengalami penyempitan,