Jenis-jenis Buta Warna. Buta warna adalah kelainan genetik yang di sebabkan oleh adanya pautan sex pada kromosom X. Pautan sex adalah salah satu dari sekian macam pola hereditas yang terjadi pada makhluk hidup termasuk manusia. Buta warna bukanlah penyakit karena tidak menyebabkan sakit, tetapi dalam beberapa kasus akan berdampak negatif. Terutama bagi penderita buta warna yang ingin bekerja dan melanjutkan pendidikan di bidang tertentu yang menuntut kesempurnaan penglihatan. Buta warna banyak macam jenisnya. Verikut ini adalah macam-macam buta warna yang kemungkinan besar di derita oleh manusia.

Rahasia warna Hitam Macam-macam Buta Warna

Secara umum, ada 3 jenis buta warna, yaitu:

1. Buta warna Monokromasi

Buta warna Monokromasi adalah suatu kelainan di mana retina mata mengalami kerusakan total sehingga tidak dapat membedakan warna. Para penderita buta warna monokromasi hanya mengenal 2 jenis warna saja, yaitu hitam atau putih. Kedua warna ini mewakili warna-warna terang dan gelap. Warna terang akan terlihat putih dan warna gelap akan terlihat sebagai hitam. Kasus buta warna jenis ini sangat jarang di temui tetapi ada.

2. Buta warna Trikromasi

Trikromasi adalah suatu kelainan dimana sel kerucut pada retina mata tidak sensitif terhadap salah satu warna dasar. Seperti kita ketahui, semua spektrum warna berasal dari 3 warna dasar, yaitu merah, hijau, dan biru. Dan penderita butawarna trikromasi, tidak mampu membedakan salah satu waran tersebut dengan warna lain. Buta warna trikromasi adalah jenis buta warna yang di derita oleh banyak orang. Berdasarkan jenis warna yang tidak dapat di bedakannya, buta warna trikromasi terbagi menjadi 3, yaitu:

  • Protanomali, seorang buta warna yang lemah/ tidak sensitif terhadap warna merah.
  • Deuteromali, seorang buta warna yang lemah/ tidak sensitif terhadap warna hijau
  • Trinomali (low blue) , buta warna yang lemah/ tidak sensitif terhadapa warna biru.

3.  Buta warna Dikromasi

Buta warna Dikromasi adalah kondisi dimana 1 dari tiga sel kerucut pada retina tidak ada sehingga tidak dapat mendeteksi tingkat kecerahan suatu warna. Dikromasi juga di bedakan menjadi 3 jenis, yaitu:

  • Protanopia,¬† retina tidak memiliki sel kerucut warna merah sehingga tidak peka terhadap warna merah
  • Deuteranopia, retina tidak memiliki sel kerucut¬† warna hijau
  • Tritanopia, retina tidak memiliki sel kerucut biru