Komplikasi Radang Usus Buntu. Radang usus buntu atau aendisitis adalah istilah umum yang di gunakan untuk menyebut peradangan yang terjadi pada umbai cacing (apendiks). Umbai cacing sendiri dalah organ tambahan yang betuknya seperti cacing yang terletak di bagian ujung dari usus buntu. Jika umbai cacing ini mengalami peradangan atau pembengkakan dan tidak segera di tangani dengan baik maka akan menyebabkan komplikasi. Apa sajakah komplikasi yang mungkin terjadi akibat dari radang usus buntu?

Macam-macam Komplikasi Radang Usus Buntu

 

Komplikasi radang usus buntu yang mungkin terjadi, jika penyakit usus buntu tidak segera di obati antara lain adalah:
1. Usus buntu pecah.
Usus buntu dapat pecah jika pembengkakan terjadi terlalu lama tanpa penanganan serius. Jika pecah, isi usus buntu yang penuh dengan organisme patogen bisa tumpah ke rongga perut sehingga menyebabkan infeksi rongga perut (peritonitis). Jika hal ini sampai terjadi, biasanya nyawa si penderita tidak dapat di tolong lagi.
2. Abses usus.
Asbes usus terjadi jika dinding usus yang meradang pecah rembesan nanah dari usus buntu bisa membentuk abses di sekitar usus buntu. Abses tersebut bisa menjalar ke organ-organ tubuh sekitarnya misalnya hati. Bahkan bisa menembus permukaan kulit membentuk fistula (saluran). Abses dari usus buntu ini bisa timbul dalam 24-72 jam setelah timbulnya gejala awal. Abses akibat radang usus buntu (appendicitis) memerlukan perawatan segera sebelum menyebabkan infeksi luas di rongga perut.