Macam-macam Vena. Pembuluh Vena di sebut juga pembuluh darah balik. Sebutan ini di sesuaikan dengan fungsi pembuluh darah vena yaitu membawa darah dari pembuluh kapiler kembali ke jantung. Pembuluh darah vena mempunyai ukuran yang bervariasi. Dari yang berukuran 1 milimeter hingga 1,5 centimeter. Bentuk dan susunan pembuluh darah vena  hampir sama dengan arteri. Katup pada vena yang terdapat disepanjang pembuluh darah berfungsi untuk mencegah agar darah tidak kembali lagi ke sel atau jaringan. Pembuluh vena mempunyai cabang yang di sebut venolus. Venolus bercabang-cabang lagi yang kemudian menjadi pembuluh kapiler.

Jenis-jenis Pembuluh Vena

Pembuluh vena banyak sekali macamnya, namun secara umum, di kategorikan menjadi 4 vena utama. Yang termasuk pembuluh balik utama tersebut adalah:

1. Vena Pulmonalis atau vena paru adalah pembuluh yang darah yang mengandung oksigen dari paru-paru keatrium kiri jantung. Vena pulmonalis terbagi 2, yaitu”

  • Vena pulmonalis kanan
  • Vena pulmonalis kiri

2. Vena cava atau vena sistemik adalah pembuluh darah yang membawa darah dari seluruh tubuh ke atrium kanan jantung. Vena cava di golongkan menjadi 2, yaitu:

  • Vena cava superior
  • Vena cava inferior

3. Vena superfisialis atau vena kutanea atau vena kulit adalah  pembuluh balik  yang terletak dekat dengan permukaan kulit dan tidak terletak dekat dengan arteri yang sesuai

4. Vena dalam atau deep vein adalah pembuluh darah vena yang menyertai arteri, biasanya tersimpan dalam suatu selubung yang membungkus kedua vena dan arteri terkait. Vena dalam terletak jauh di dalam jaringan otot dan biasanya terletak di dekat sebuah arteri yang sesuai dengan namanya, contohnya: vena koroner, vena portal, vena hepatik,.

Incoming search terms: