Penyebab Radang Usus Buntu. Radang usus buntu dapat terjadi pada siapa saja. Lelaki-wanita, tua-muda, dan lain sebagainya. Selama umbai cacing masih tetap menempel di ujung usus buntu, maka setiap orang berpeluang untuk mengalami radang usus buntu. lalu apakah penyebab radang usus buntu ini? Radang usus buntu tidak ada hubungannya dengan pola hidup atau pola makan. Bisa di bilang penyakit ini merupakan penyakit kebetulan. Karena serangannya acak dan tidak di beda-bedakan. Siapa saja bisa mengalaminya.

Karena selalu terjadi secara acak, penyebab radang usus buntu tidak sepenuhnya di ketahui. Namun dari beberapa pemeriksaan, setidaknya ada 2 penyebab radang usus buntu yang sering terjadi, yaitu:

1. Penyumbatan Umbai cacing

Penyumbatan umbai cacing merupakan penyebab terbanyak serangan radang usus buntu. Penyumbatan umbai cacing ini dapat terjadi karena jika ada benda asing yang masuk kedalam usus buntu dan tidak bisa keluar lagi. Contoh paling mudah adalah benda asing yang berupa biji-biji an yang kita makan tetapi tidak di cerna denganbaik. Contohnya seperti biji cabe, biji jambu batu, bijitomat, dll. Penyumbatan juga dapat terjadi karena limbah makanan atau tinja keras yang tersasar ke dalam umbai cacing. Bahkan makhluk penghuni perut seperti cacingpun dapat menyebabkan radang usus buntu jika tersumbat di sana. Ketika bahan-bahan organik ini tersumbat di dalam umbai cacing, maka akan mengalami pembusukan. Dan pembusukan ini menyebabkan umbai cacing bengkak dan terinfeksi sehingga menimbulkan peradangan. Biasanya, jika di sebabkan oleh penyumbatan, asa benda yang menyumbat dapat keluar dengan sendirinya dari umbai cacing, maka peradangan dapat sembuh. Tapi jika terlalu berlanjut dapat menyebabkan komplikasi radang usus buntu.

2. Infeksi Usus buntu

Radang usus buntu juga bisa disebabkan oleh infeksi mikroba, seperti infeksi virus gastrointestinal. Infeksi virus akan menyebabkan usus buntu bengkak dan bernanah. Obat-obatan antibiotik sangat berperan dalam mengehntikan peradangan. Tetapi jika kondisi terlalu parah, biasanya di lakukan operasi usus buntu, yang bertujuan untuk membuang bagian umbai cacing. Karena jika tidak segera di tangani dengan serius akan dapat menyebakan komlikasi yang dapat berakhir dengan kematian.