Tanda dan Gejala Radang Usus Buntu. Penyakit radang usus buntu dapat menyerang siapa saja. Tidak tua tidak juga mudah. Saya sendiri juga pernah mengalaminya ketika masih duduk dikelas 6 SD. Sudah sangat parah hingga sampai terjadi pembengkakan. Untungnya ada dokter spesial yang menolong dengan memberikan obat-obatan terbaik sehingga tidak perlu di operasi. Padahal dalam sejarah medis, jarang sekali seseorang bisa sembuh dari penyakit radang usus buntu tanpa operasi. Karena biasanya penyakit ini sangat rentan oleh terjadinya komplikasi.

Untuk mengetahui serangan penyakit radang usus buntu, sebaiknya anda semua mengenal tanda dan gejala yang di timbulkan oleh penyakit usus buntu tersebut. Tanda dan gejala radang usus buntu antara lain adalah:

  1. Perut terasa nyeri yang dimulai sekitar pusar dan bergeser ke bagian kanan bawah. Nyeri tersebut semakin lama akan semakin menyakitkan. Hal dapat terjadi selang beberapa jam dari gejala awal.
  2. Rasa lembut ketika menekan perut kanan bawah yang akan terasa nyeri jika ditekan dan kemudian dilepaskan (rebound tenderness)
  3. Nyeri yang semakin memburuk saat batuk, berjalan, atau melakukan gerakan lainnya
  4. Mual dan muntah
  5. Kehilangan nafsu makan
  6. Demam ringan
  7. Sembelit dan tidak bisa buang gas (kentut)
  8. Diare
  9. Terjadi pembengkakan di perut

Jika anda merasakan tanda-tanda seperti yang di sebutkan diatas, jangan di abaikan. Segeralah periksakan diri ke dokter sebelum terlambat. Karena radang usus buntu yang terlambat di tangani dapat menyabakan komplikasi.