Jumlah Kromosom Manusia. Manusia memiliki jumlah kromosom 46 buah yang terdiri dari 44 kromosom tubuh dan 2 kromosom kelamin (XY atau XX).  46 kromoson tersebut berasal dari induk jantan dan induk betina. Pada proses pembuatan anak, masing-masing indukan menyumbangkan setengah dari jumlah kromosom yang dimilikinya, yaitu 22 kromosom tubuh dan 1 kromosom kelamin sehingga jumlahnya menjadi 23.

Kromosom terdiri dari dua jenis yaitu AUTOSOM dan GONOSOM. Autosom adalah kromosom tubuh, sedangkan Gonosom adalah kromosom kelamin. Kedua jenis kromosom ini berperan dalam pewarisan sifat turunan. Tapi hanya gonosam saja yang berperan dalam menentukan jenis kelamin. Gonosom terdiri dari 2 tipe yaitu tipe XX yang merupakan kromosom wanita dan XY yang merupakan kromosom pria. Karena itu dalam proses pembuatan keturunan, peluang untuk memiliki anak laki-laki dan anak perempuan adalah 50:50. Dan individu yang bertanggung jawab menentukan jenis kelamin keturunannya adalah pihak laki-laki.

Rumus kromosom manusia

Rumus kromosom manusia di tuliskan sebagai berikut:

  • Untuk Manusia Laki-laki formulanya adalah 46, XY atau 46 + XY
  • Untuk Manusia Perempuan formulanya adalah 46, XX atau 46 + XY

Dari hasil penelitian diketahui bahwa  kromosom manusia semua berbentuk metasentris, kromosom kelaminnya berada pada ukuran besar kedua dan ketiga serta dibedakan kedalam 7 kelompok kromosom berdasarkan bentuk dan ukuran panjangnya.

Artikel tentang Jumlah Kromosom Manusia merupakan ringkasan dari berbagai tulisan yang Kamuslife.com temukan di dalam berbagai literatur ilmu pengetahuan baik dalam bentuk buku, e-book, referensi-referensi online yang berupa artikel, kamus online, dan lain-lain. Dan atau dari tulisan di media cetak, media elektronik, radio dan televisi dan dari penjelasan-penjelasan para ahli, serta dari Kamus Ilmu pengetahuan dalam bidang yang berhubungan dengan artikel diatas. Untuk mengetahui sumber-sumber yang di gunakan oleh Kamuslife dalam menulis artikel ini silahkan lihat di Referensi & Daftar Pustaka

Di Internet telah ada banyak sekali artikel tentang Jumlah Kromosom Manusia yang mungkin akan sangat berbeda dengan penjabaran di Kamuslife.com. Karena itu Admin Portal Informasi Pendidikan menyarankan anda untuk mencari informasi tentang artikel yang tersebut diatas dari berbagai referensi sehingga dari hasil pencarian yang anda dapatkan bisa di ambil kesimpulan yang tepat tentang apa itu Jumlah Kromosom Manusia.

Anda sedang membaca artikel Jumlah Kromosom Manusia jika ingin menautkan artikel ini, permalinknya adalah http://kamuslife.com/jumlah-kromosom-manusia/ Terima Kasih sudah mengunjungi Portal Informasi Pendidikan.  Semoga bermanfaat untuk Anda semua. Amin.