Cara Mencegah Penyakit Diabetes. Diabetes Mellitus merupakan penyakit telah menjadi salah satu momok nomor satu di dunia dan di takuti oleh masyarakat. Mencegah diabetes merupakan langkah awal yang harus dilakukan jika tidak mau terkena penyakit diabetes. Diabetes atau disebut juga penyakit kencing manis adalah penyakit yang berhubungan dengan kadar gula dalam darah. Penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan secara total. Karena itu sebelum terserang penyakit ini akan lebih bijaksana kalau kita berupaya mencegah penyakit diabetes daripada menderita seumur hidup kita 🙁 . Ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mencegah penyakit diabetes. Diantaranya adalah:

Cara mencegah penyakit Diabetes

1. Makan secukupnya, jangan terlalu berlebihan

Nabi mengajarkan pada umatnya pola makan yang baik, yaitu makanlah ketika anda lapar dan berhentilah makan sebelum anda kenyang. Makan yang belebihan akan merangsang produksi insulin. Produksi insulin yang berlebihan akan membuat tubuh menjadi gemuk dan mengalami obesitas. Kerja keras untuk memproduksi hormon insulin yang belebihan akan menyebabkan resistensi insulin yang pada akhirnya akan berakhir dengan ketidak mampuan tubuh untuk memproduksi insulin lagi yang akan menyebabkan diabetes.

2. Berolahraga secara teratur

Faktor utama dari diabetes adalah naiknya kadar gula darah. Hal ini umumnya disebabkan metabolisme tubuh yang rendah, sehingga terjadi peningkatan kadar glukosa dalam tubuh. Oleh karena itu, rajinlah berolahraga untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Hindari lemak trans

Banyak penelitian menyebutkan bahwa makanan yang mengandung lemak trans, seperti burger dan keripik kentang, berkontribusi terhadap diabetes. Selain itu, kadar lemak trans yang tinggi dalam tubuh dapat menimbulkan masalah jantung.

4. Hindari konsumsi karbohidrat olahan secara berlebihan

Karbohidrat olahan sering ditemukan dalam makanan manis, seperti permen dan sereal kering, yang mendorong kenaikan berat badan. Nah, kenaikan berat badan itulah yang pada akhirnya menyebabkan diabetes.

5. Makanan kaya serat

Sayuran berdaun hijau sangat kaya akan serat. Makanan berserat tinggi membantu tubuh melepas glukosa secara perlahan yang pada gilirannya akan mencegah peningkatan kadar glukosa darah.

6. Jangan terlalu sering minum teh atau kopi

Orang yang minum lebih dari 4 cangkir kopi atau teh setiap hari memiliki risiko menderita diabetes. Karena teh atau kopi selalu mendapat tambahan gula. Yang otomatis akan meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Oleh karena itu, sebisa mungkin kurangi meminum minuman yang manis seperti teh atau kopi.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untu mencegah penyakit diabetes. Bagaimanapun, para ahli medik dan orang bijak pandai, selalu menyarankan bahwa mencegah masih lebih baik daripada harus mengobati diabetes.

sumber: cara mencegah diabetes