Jenis-jenis Asam Amino Essensial. Asam amino essensial adalah jenis asam amino yang di perlukan oleh tubuh tetapi tubuh tidak dapat membuatnya sendiri. Jenis asam amino essensial biasanya di peroleh dari dari asupan bahan pangan yang di konsumsi dan di cerna oleh organ pencernaan. Asam amino essensial sangat di perlukan oleh tubuh untuk proses tumbuh kembangnya. Kekurangan asam Amino akan menimbulkan berbagai jenis penyakit seperti misalnya busung lapar. kamuslife.com Kebutuhan asam amino essensial harus di penuhi setiap hari melalui menu makanan yang bergizi, karena tubuh tidak bisa menyimpan asam amino sehingga suplaynya harus terus di perhatikan secara seksama.

Jenis-jenis Asam Amino Essensial

Dari sekitar 21 jenis asam amino, 8 diantaranya merupakan asam amino essensial. Dan 2 diantaranya adalah asam amino setengah essensial. Meski hanya setengah essensial, para ahli gizi seringkali memasukan asam amino jenis ini kedalam golongan asam amino essensial. SO be it! Berikut ini adalah macam-macam asam amino essensial yang di perlukan oleh tubuh, yaitu:

  1. Triptofan
  2. Treonin
  3. Metionin
  4. Lisi
  5. Leusin
  6. Isoleusin
  7. Fenilalanin
  8. Valin
  9. Histidin
  10. Arginin

Untuk mengetahui pengertian dan definisi dari masing-masing jenis asam amino diatas, dapat di baca di Kamus Q – Pengertian dan Definisi.