Definisi Haptic. Pengertian Haptic. Arti kata haptic. Yang di maksud dengan haptic. Haptic yaitu:

Haptic adalah suatu teknologi modern yang berbasis sentuhan. Teknologi tersebut di terapkan pada aplikasi layar sentuh di perangkat-perangkat elektronik modern abad ini, seperti komputer ataupun smartphone. definisi hapticHaptic mengambil data melalui rasa dari penggunanya dengan menerapkan sentuhan, getaran dan mosi. Haptic diciptakan untuk mengendalikan objek virtual dan peningkatan remote control machine dan teleoperator. Teknologi Haptic telah memungkinkan untuk menyelidiki secara rinci bagaimana perasaan manusia.

Haptic berasal dari bahasa Yunani haptesthai yang artinya ‘menyentuh’. Bentuk perangkat haptic pada mulanya digunakan di industri pesawat udara modern yang menggunakan sistem yang dapat mengontrol kinerja pengoperasian berdasarkan umpan balik yang diterima. Sistem tersebut bersifat satu arah dimana tenaganya diaplikasikan secara aerodinamis. Sedangkan sebelumnya, saat pesawat terbang tidak menggunakan sistem ini, tanda peringatan yang digunakan pada saat darurat adalah kendali berupa getaran yang merangsang sistem kendali yang lebih sederhana. Inilah yang dikenal sebagai umpan balik haptic. Di bidang kesehatan, haptic digunakan untuk membantu orang tuna netra belajar memahami dunia melalui gambar ataupun grafik dan membantu para dokter sebelum melakukan operasi.

Sistem sensorik haptic memungkinkan pengguna berinteraksi dengan komputer dan menerima umpan balik dengan menerapkan derajat tenaga berlawanan arah ke pengguna dalam garis sumbu X,Y, dan Z sehingga dapat dirasakan oleh indera peraba manusia. Sementara itu, sekarang ada beberapa perangkat lunak haptic yang sebagian besar menggunakan desain algoritma. Kemampuan yang baik dalam bidang matematika dan teknik serta komputer diperlukan dalam menciptakan perangkat yang dapat mengirimkan umpan balik. Menurut para ahli teknik, prinsip umpan balik haptic sifatnya sederhana, yakni gerakan tangan berlawanan arah yang menjepit objek di antara jari-jari yang menahan gerakan selanjutnya.