Hubungan Interaksi antar Makhluk Hidup. Setiap organisme dalam alam semesta ini saling berhubungan antara satu sama lain. Berinteraksi sehingga terbentuk suatu komunitas. Setiap organisme mempunyai peran dan fungsi yang tidak sama tetapi antara satu sama lain mempunyai hubungan interaksi seperti sebuah rantai yang saling terikat antara satu sama lain. Hubungan interaksi antar makhluk hidup mempunyai istilah. Istilah-istilah tersebut antara lain adalah:

Istilah hubungan antara makhluk hidup

  • Produsen adalah  organisme yang mempunyai kemampuan untuk menghasilkan makanan sendiri dan biasa di sebut organisme autotrof.  Penyusunan bahan organic itu berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan energi yang diperlukan untuk aktivitas metabolisme dan aktivitas hidup lainnya. yang termasuk produsen adalan tumbuhan hijau, alga, lumut dan beberapa jenis bakteri.
  • Konsumen adalah organisme yang tidak dapat membuat makanan sendiri sehingga hidupnya tergantung pada produsen atau organisme lainnya. Berdasarkan jenis organisme yang di makannya, konsumen di bedakan menjadi 3, yaitu:
    *herbivora adalah organisme pemakan tumbuh-tumbuhan
    *carnivora adalah organisme pemakan hewan, termasuk di dalamnya adalah predator.
    *omnivora adalah organisme pemakan segala (tumbuhan & Hewan)
  • Dekomposer atau Pengurai adalah organisme yang dapat menguraikan bahan organik menjadi anorganik untuk kemudian digunakan oleh produsen. Cara mengkonsumsi makanan tidak dapat menelan dan mencerna makanan di dalam sel tubuhnya, melainkan harus mengeluarkan enzim pencerna keluar sel untuk dapat menguraikan makanannya yang berupa organic mati menjadi zat-zat yang molekulnya kecil sehingga dapat diserap oleh sel. yangtermasuk dekomposer adalah:
    *Detritivor atau detrivora adalah organisme pemakan detritus
    *Mikrobior adalah organisme pemakan hewan-hewan kecil yang makan mikroflora (bakteri dan fungi)
  • Parasit adalah hewan yang hidup pada hewan lain dan biasanya bersifat merugikan. Hidupnya sangat mempengaruhi inangnya karena semua zat makanan dari inang diserapnya untuk memenuhi kebutuhannya. Yang termasuk parasit adalah benalu, virus, bakteri patogen, jamur, dll.
  • Parasitoid adalah serangga yang pada fase dewasanya hidup bebas, tetapi pada fase larva berkembang di dalam tubuh (telur, larva dan pupa) serangga lain yang merupakan inangnya. Ketika telur parasitoid yang diletakkan pada tubuh inangnya menetas, selam fase larva itu belum dewasa akan hidup terus dalam tubuh inang. Larva tersebut akan makan sebagian atau seluruh tubuh dari inang sehingga menyebakan kematian bagi inangnya.
  • Simbiosis adalah hubungan antara dua individu dari dua jenis organisme yang keduanya selalu bersama-sama, ada yang saling menguntungkan, merugikan, ada juga yang di rugikan dan di untungkan tetapi yang lain tidak berasaa apa-apa
  • Kanibalisme adalah sebutan untuk organisme yang memakan organisme sejenis.  Contoh belalang sembah betina membunuh belalang jantan setelah melakukan perkawinan.
  • Amensalisme adalah hubungan antara dua jenis organisme yang satu menghambat atau merugikan yang lain, tetapi dirinya tidak berpengaruh apa-apa dari organisme yang dihambat atau dirugikan.
  • Komansalisme adalah hubungan antara dua jenis organisme yang satu memberi kondisi yang menguntungkan bagi yang lain sedangkan dirinya tidak terpengaruh oleh kehadiran organisme yang lain itu.
  • Mutualisme adalah hubungan antara dua jenis organisme atau individu yang saling menguntungkan tanpa ada yang dirugikan.
  • Kompetisi adalah hubungan antara dua individu untuk memperebutkan satu macam sumberdaya, sehingga hubungan itu bersifat merugikan bagi salah satu pihak. Sumberdaya berupa; makanan, energi dan tempat tinggal. Persaingan ini terjadi pada saat populasi meledak sehingga hewan akan berdesak-desakan di suatu tempat tertentu. Dalam kondisi demikian biasanya hewan yang kuat akan mengusir yang lemah dan akan menguasai tempat itu sedangkan yang lemah akan beremigrasi  atau mati bahkan punah.