Klasifikasi Virus. Virus berbeda dengan organisme lain. Mungkin karena sifatnya sebagai organisme paralihan, maka virus tidak mempunyai kingdom. Bahkan tingkatan klasifikasi virus hanya sampi ordo. Tidak ada yang lebih tinggi dari itu. Karena berbeda dengan organisme lain, virus memiliki sistem klasifikasi dan cara penamaan sendiri yang telah di rintis sejak tahun 1966oleh ICTV (international Commitee on Taxonomy of Viruses).

Klasifikasi Virus

Sama seperti umumnya kalsifikasi makhluk hidup yang lain. Klasifikasi virus juga di dasarkan pada persamaan dan perbedaan antara virus yang satu dengan virus yang lain. Secara umum, para ilmuwan mengklasifikasikan virus berdasarkan karakteristik fenotipiknya, seperti:

  • Persamaan marfologi
  • Jenis asam nukleat
  • Modus Replikasi
  • Organisme inang
  • Jenis penyakit yang disebabkannya, dll.

Sistem taksonomi Virus secara universal adalah sebagai berikut:

                  Ordo        : virales
                          Family      : viridae
                                  Subfamily  : virinae
                                             Genus       : virus
                                                        Species     : virus

Di dalam setiap famili, subdivisi disebut genera yang biasanya berdasarkan pada perbedaan serologi dan fisikokimia. Kriteria yang digunakan untuk mendefinisikan genera bervariasi dari famili ke famili. Nama genus mempunyai akhiran –virus. Pada 4 famili (Poxviridae, Herpesviridae, Parvoviridae, Paramyxoviridae), kelompok besar yang disebut sub famili didefinisikan dengan mempertimbangkan kompleksitas hubungan di antara anggota virus. Jenis – jenis virus digunakan untuk mengelompokkan famili virus yang memiliki karakter yang umum. Begitu seterusnya. Hingga saat ini, telah di temukan sekitar 3600  yang telah memiliki klasifikasi dan taksonomi yang jelas. Untuk mengetahui secara lebih lengkap tentang nama-nama virus dan taksonominya, silahkan berkunjung ke situ ICTV di SINI.