Definisi piridoksin. Pengertian piridoksin. Yang di maksud piridoksin. Arti kata piridoksin. Pirikdoksin yaitu:

Piridoksin adalah sebutan lain dari vitamin B6 yang juga di kenal sebagai vitamin wanita (women’s vitamin). Disebut vitamin wanita karena vitamin ini mempunyai hubungan yang sangat erat dengan siklus menstruasi pada wanita.  Piridoksin merupakan jenis vitamin B kompleks yang larut dalam air. Piridoksin memiliki 6 jenis bentuk kimia dan tentu paling sering didapatkan pada sayuran seperti brokoli kacang polong, buncis, dll.  Piridoksin ditemukan tahun 1934, memiliki rumus molekul yaitu C8H11NO3  dan memiliki massa molar 169,18 g/mol dengan titik lebur 159-162oC.

Sebagai vitamin yang larut dalam air, piridoksin atau vitamin B6 cocok di konsumsi secara teratut setiap hari. Vitamin B6 sangat penting untuk menghasilkan adrenalin (epineprin) dan insulin. Piridoksin juga bersifat sebagai koenzim dalam metabolisme karbohidrat, lemak dan protein yang nantinya menjadi energi yang digunakan tubuh untuk beraktivitas. Selain itu, piridoksin juga di perlukan agar sistem saraf berfungsi dengan baik dan metabolismenya juga menyangkut asam amino dan juga sistem imunitas. Sehingga membantu tubuh tetap prima dan tahan terhadap serangan penyakit.

Gejala defisiensi piridoksin atau vitamin B6 yang umum adalah Pra-menstruasi Sindrom (SPM) pada wanita, karena memang sesuai dengan subutan lain piridoksin sebai vitamin wanita.