Definisi Asam Pantotenat. Pengertian asam pantotenat. Yang di maksud asam pantotenat.

Asam Pantotenat adalah sebutan lain dari vitamin B5 atau vitamin B3 di sebagian wilayah Eropa, yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks. Nama pantotenat berasal dari bahasa Yunani panthos yang artinya ada di mana-mana karena memang vitamin ini di temukan secara meluas pada jaringan tubuh hewan dan tumbuhan. Vitamin B5 ini pertama kali di temukan tahun 1939 dari hasil pemisahan kulit ari padi. Sama dengan piridoksin, vitamin ini juga dapat larut dalam air sehingga di butuhkan asupan yang teratur setiap harinya agar tidak mengalami kekurangan.

Asam pantotenat ini sangat penting bagi proses pelepasan energi dari makanan dan berperan sebagai koenzim A pada metabolisme karbohidrat. Selain itu vitamin B5 juga penting dalam rangka menghasilkan dan memperbarui jaringan tubuh yang rusak dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Kadar asupan asam pantotenat yang di sarankan adalah sekitar 3-7 mg perhari. Kurang dari itu akan dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti gampang letih, depresi, susah tidur, sering terserang kram dan kebas, hingga gangguan saluran pencernaan.

Kelebihan asam pantotenat sepertinya tidak berbahaya karena vitamin ini tergolong jenis yang daapat larut dalam air, sehingga kelebihan asupan vitamin B5 ini akan di buang tubuh melalui sistem sekresi baik melalui keringat, air kencing, dll.

Aam pantotenat atau Vitamin B5 dapat di jumpai pada banyak bahan makanan alami seperti telur, brokoli, ragi dan daging hati. Selain itu daging ayam, kacang-kacangan, susu, alpukat, dan ubi juga mengandung vitamin B5.  Asam pantotenat juga dibentuk didalam usus walaupun jumlahnya sedikit.