Fungsi Getah Lambung. Pada lapisan dinding lambung paling dalam, yaitu lapisan mukosa, terdapat kelenjar-kelenjar kecil yang dapat menghasilkan getah lambung. Getah lambung mengandung asam klorida yang bersifat korosif dan beberapa jenis enzim yang mempunyai fungsi penting dalam proses pencernaan. Fungsi utama getah lambung adalah untuk memecah sari-sari makanan agara mudah di serap oleh pembuluh darah. Kemampuan getah lambung memecah sari-sari makanan bergantung pada zat dan jenis enzim yang terdapat di dalamnya.

Fungsi Getah Lambung

Di dalam lambung terdapat kelenjar yang menghasilkan getah lambung. Getah lambung tersebut mempunyai fungsi yang sesuai dengan janis senyawa yang di kandungnya yang berupa zat asam dan senyawa enzim. Berdasarkan jenis senyawanya, getah lambung berfungsi:

  • menyederhanakan makanan keras dan berserat,
  • memecah protein menjadi bentuknya yang paling sederhana sehingga mudah di serap oleh tubuh,
  • merangsang sekresi getah usus,
  • mengontrol klep antara lambung dan usus dua belas jari,
  • mengatur pH lambung dan membunuh kuman

Getah lambung bersifat korosif karena mengandung asam klorida. Oleh karena itu jika sampai lambung terluka dan bocor, maka asam lambung akan keluar membasahi organ dalam tubuh dan akan menyebabkan kematian yang biasanya terjadi secara perlahan tetapi menyakitkan.

Incoming search terms: