Jenis-jenis Jaringan Meristem. Jaringan meristem adalah jaringan yang sel-selnya aktif membelah diri baik secara mitosis ataupun meiosis tergantung pada jenis sel yang membelah diri. Sel-sel jaringan meristem biasanya berbentuk bulat, lonjong atau poligonal dengan dinding sel yang tipis. Setiap sel mengandung banyak sitoplasma dan memiliki lebih dari satu atau lebih inti sel. Jaringan meristem ada banyak jenis, yang di bedakan berdasarkan letaknya dan terjadinya. Untuk mengetahhuin apa saja jenis-jenis jaringan meristem, silah lanjutkan membacanya.

Jenis-jenis Jaringan meristem

Jaringan meristem di kelompokan menjadi 2,:

1. Jenis  Jaringan meristem berdasarkan letaknya di bedakan menjadi 2, yaitu:

  • Meristem Ujung (Apikal)
    Meristem ujung (apikal) merupakan jaringan muda yang terbentuk oleh sel-sel initial yangberada pada ujung-ujung dari alat-alat tumbuhan. Dengan adanya meristem ini, tumbuhan dapat bertambah tinggi dan panjang.
  • Meristem Antara (Interkalar/aksilar )
    Meristem interkalar/aksilar (meristem antara) terdapat di antara jaringan dewasa, misalnya pada pangkal ruas batang. atau meristem antara adalah meristem yang terletak diantara jaringan meristem primer dan jaringan dewasa. Contoh tumbuhan yang memiliki meristem interkalar adalah batang rumput-rumputan (Graminae). Pertumbuhan sel meristem interkalar menyebabkan pemanjangan batang lebih cepat, sebelum tumbuhnya bunga.
  • Meristem Samping (Lateral)
    Meristem lateral merupakan jaringan muda yang terbentuk oleh sel-sel initial yang terletak antara bagian alat-alat tumbuhan (antara jaringan-jaringan dewasa). Akibat aktivitas meristem ini tumbuhan akan mengalami penambahan besar ke samping.

2.  Jenis Jaringan meristem berdasarkan terjadinya:

  • Jaringan Meristem Primer
    Jaringan meristem primer adalah jaringan yang terbentuk  dari hasil perkembangan lebih lanjut dari pertumbuhan embrio. Jaringan Meristem ini terdapat di ujung batang dan ujung akar.  Kegiatan jaringan meristem primer menyebabkan batang bertambah tinggi dan akar bertambah panjang.  Pertumbuhan jaringan meristem primer disebut pertumbuhan primer.
  • Jaringan Meristem Sekunder
    Jaringan meristem sekunder adalah jaringan meristem yang berasal dari jaringan dewasa yaitu kambium dan kambium gabus. Pertumbuhan jaringan meristem sekunder disebut pertumbuhan sekunder. Kegiatan jaringan meristem menyebabkan batang bertambah besar.