Lambung atau Ventrikulus dan Fungsinya. Lambung atau ventrikulus adalah alat pencernaan yang berbentuk seperti kantong berdinding tebal yang terletak disebelah kiri atas rongga perut dan di bawah sekat rongga dada. Lambung berukuran sekepalan tangan dan dinding nya bersifat lentur, dapat mengembang apabila berisi makanan dan mengempis apabila kosong. Karena organ ini dapat menyimpan keseluruhan makanan yang dimakan dalam satu waktu,  maka kita tidak perlu makan terus-menerus.  Muatan di dalam lambung dapat menampung hingga 1,5 liter makanan. Dinding lambung tersebut berwarna merah muda,mengkilap dan memiliki kelenjar-kelenjar kecil yang menghasilkan getah lambung.

Bagian-bagian Lambung atau Ventrikulus

Lambung terdiri atas tiga bagianm yaitu:Lambung dan fungsinya

  1. Kardiaks adalah lambung  bagian atas yang letalnya di dekat hati, merupakan  daerah pintu masuk makanan dari kerongkongan.
  2. Fundus adalah lambung bagian tengah yang bentuknya bulat lonjong seperti kantong.
  3. Pilorus adalah lambung bagian bawah dekat dengan usus halus dan berhubungan langsung dengan usus 12 jari atau duodenum.

Fungsi Lambung

Fungsi lambung secara umum adalah sebagai tempat di mana makanan dicerna dan sejumlah kecil sari-sari makanan diserap. Pencernaan yang terjadi di lambung berlangsung secara kimiawi yaitu dengan bantuan kelanjar lambung.  Dalam lambung, makanan biasanya bertahan selama sekitar 2 – 6 jam. Makanan yang tercerna di dalam lambung biasanya berbentuk bubur makanan yang di kenal dengan istilah Kimus. 

Lambung mempunyai fungsi yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Meski seiring dengan kemajuan teknologi, beberapa fungsi lambung dapat di gantikan dengan alat seperti yang terjadi pada beberapa penderita penyakit tertentu, tetapi penggantian tersebut tidak akan sesempurna seperti lambung aslinya. Fungsi lambung  selain untuk mencerna makanan diantaranya adalah:

  • Memproses dan mengubah protein menjadi pepton
  • Membekukan susu dan mengeluarkan kasein
  • Penghasil getah lambung yang berguna untuk membunuh bakteri berbahaya yang masuk bersama makanan
  • Semua makanan yang kita konsumsi akan dicairkan dan dicampurkan dengan asam hidroklorida. Jika proses tersebut telah dilakukan, maka usus akan siap mencerna cairan-cairan yang datang dan telah diproses oleh lambung tersebut.
  • Lemak yang masuk ke dalam tubuh akan mulai dicerna di dalam lambung, dll.

Dinding lambung mempunyai lapisan-lapisan yang mendukung sesuai dengan fungsinya. Untuk mengetahui lapisan-lapisan lambung dapat di baca di artikel berikutnya.