Metamorfosis Makhluk Hidup. Metamorfosis pada makhluk hidup adalah peristiwa perubahan bentuk tubuh makhluk hidup secara bertahap yang dimulai dari larva sampai dewasa. Metamorfosis hanya terjadi pada hewan atau binatang. Banyak binatang yang hidupnya mengalami metamorfosis. DIantaranya adalah ulat, katak, nyamuk, kecoak. Hewan-hewan ini mempunyai fase berbeda, dari sejak di lahirkan hingga menuju masa dewasa. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis adalah katak. Katak pada awalnya berupa berudu/kecebong yang hidup di air dan bernapas dengan insang luar tetapi kemudian berganti menjadi insang dalam. Beberapa waktu kemudian terbentuk tutup insang dan kaki belakang. Setelah berumur tiga bulan, berudu mengalami metamorfosis yang ditandai terbentuknya paru-paru dan empat kaki, hilangnya insang dan ekor, lalu menjadi bentuk katak yang hidup di darat.

Macam-macam Metamorfosis

Macam-macam metamorfosis. Berdasarkan prosesnya, metamorfosis makhluk hidup dibedakan menjadi dua :

a. Metamorfosis Sempurna
Metamorfosis sempurna ditandai bentuk larva dengan hewan dewasa jauh berbeda. Tahapan dalam metamorfosis sempurna, Contoh metamorfosis sempurna misalnya pada katak dan kupu-kupu. Tahapan metamorfosis pada kupu-kupu adalah :

telur → larva → pupa (kepompong) → dewasa (imago)

b. Metamorfosis Tidak Sempurna (Hemimetabola)

Metamorfosis  tidak sempurna adalah metamorfosis yang larva dan hewan dewasanya tidak terlalu jauh berbeda. Hewan tersebut biasanya melalui tahapan telur yang menetas menjadi nimfa, kemudian tumbuh dan berkembang menjadi imago (hewan dewasa).   Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah serangga. Bentuk serangga yang baru menetas (nimfa) tidak jauh berbeda dengan bentuk serangga dewasa (imago). Contoh metamorfosi s tidak sempurna  misalnya pada jangkrik dan belalang. Urutan daur hidup serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah sebagai berikut :

telur → nimfa → dewasa (imago)