Organel Sel Hewan dan Fungsinya. Organel sel hewan dan fungsinya dalam beberapa point hampir sama dengan fungsi yang ada pada sel tumbuhan, meski tidak begitu persis. Karena ada beberapa organel yang terdapat pada sel tumbuhan tetapi tidak terdapat pada sel hewan ataupun sebaliknya. Berikut ini adalah organel sel hewan beserta fungsinya yang kamuslife.com sengaja tuliskan khusus untuk anda para pembaca setia Portal Informasi Pendidikan.Organel Sel hewan

Sel adalah unit dasar kehidupan. Semua organisme terdiri dari sel-sel (atau dalam beberapa kasus, sebuah sel tunggal). Kebanyakan sel sangat kecil; paling tidak terlihat tanpa menggunakan mikroskop. Sel ditutupi oleh membran sel dan datang dalam berbagai bentuk yang berbeda. Di dalam membran sel inilah berkumpul organel sel. Organel yang terdapat dalam sel hewan beserta fungsinya adalah sebagai berikut:

Fungsi Organel Sel

  • Membran sel adalah lapisan tipis protein dan lemak yang mengelilingi sel, bersifat semipermeabel. Fungsi Membran Sel adalah melindungi sel, mengatur keluar masuknya zat, dan sebagai penerima rangsang dari luar
  • Sentrosom adalah  struktur berbentuk bintang yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron. Sentrosom adalah di mana mikrotubulus dibuat. Fungsi sentrosom adalah sebagai  kutub dalam pembelahan mitosis dan meiosis. Selama pembelahan sel, sentrosom akan terbelah dua, dan dua bagian tersebut pindah ke sisi berlawanan dari sel pemisah. Ditengah-tengah sentrosom terdapat  sentriol yang menjadi pusatnya.
  • Sitoplasma  adalah cairan sel dimana segala sesuatu  larut di dalamnya, kecuali nukleus (inti sel). Sitoplasma bersifat koloid kompleks yang berubah-ubah berubah-ubah tergantung kandungan airnya. Fungsi Sitoplasma antara lain adalah menjaga bentuk dan konsistensi dari sel. Sitoplasma juga merupakan tempat penyimpanan bahan kimia yang diperlukan untuk kehidupan, yang terlibat dalam reaksi metabolik yang vital, seperti glikolisis anaerob dan sintesis protein.
  • Badan Golgi  (aparatus Golgi) adalah lapisan tipis yang bertumpuk-tumpuk dan berbentuk seperti kantong.  Badan Golgi berfungsi dalam proses sekresi lendir, glikoprotein, karbohidrat, lemak, atau enzim, serta dalami membentuk lisosom.
  • Lisosom (vesikel sel) adalah organel yang bentuknya bulat dikelilingi oleh membran dan mengandung enzim pencernaan. Fungsi lisosom adalah sebagai tempat berlangsungnya pencernaan nutrisi sel.
  • Mitokondria adalah sebuah organel berbentuk bulat lonjong dengan membran ganda. Membran bagian dalam berlekuk-lekuk membentuk serangkaian proyeksi yang disebut krista. Fungsi mitokondria adalah sebagai pusat respirasi seluler yang mengubah energi dalam glukosa menjadi ATP (adenosine triphosphate). Karena itu mitokondria diberi julukan “The Power House”.
  • Membran inti adalah membran yang mengelilingi inti sel. Fungsi membran inti adalah memisahkan bagian inti dari cairan sitoplasma.
  • Nukleolus adalah satu-satunya organel yang terdapat dalam inti sel (nukleus). Fungsi nukleus adalah tempat di mana ribosom RNA diproduksi. Beberapa sel memiliki lebih dari satu nukleolus.
  • Nukleus  adalah inti sel yang berisi materi genetik yaitu DNA (asam deoksiribonukleat) dan kromosom. DNA ini terdiri dari nukleotida yang akhirnya membantu dalam pembentukan protein oleh proses transkripsi dan translasi. Fungsi inti sel adalah mengendalikan semua aktivitas sel mulai metabolisme hingga pembelahan sel.
  • Ribosom adalah organel kecil yang dibentuk oleh nukleolus yang tersusun dari asam ribonukleat, dan terdapat bebas dalam sitoplasma maupun melekat pada RE. Fungsi Ribosom adalah sebagai tempat sintesis protein.
  • Retukulum Endoplasma (RE) adalah sistem membran yang berlipat-lipat yang di permukaannya banyak di tempeli oleh ribosom. Fungsi retikulum endoplasma adalah menghubungkan antara membran sel dengan membran inti, serta berperan dalam proses transport zat intra sel.Retikulum ada dua jenis, yaitu RE yaitu RE halus dan RE kasar
  • Vakuola adalah rongga yang terbentuk di dalam sel, dan dibatasi membran yang disebut tonoplas.  Fungsi vakuola adalah sebagai tempat penyimpanan dan penampungan limbah yang ada di jalan keluar dari sel.