Pertumbuhan Primer Pada Akar. Akar adalah bagian dari biji yang ketika tumbuh segera masuk ke dalam tanah. Akar berfungsi sebagai penunjang batang tumbuhan dan untuk menghisap nutrisi dalam tanah.  Akar mempunyai jaringan meristem dasar yang akan  berkembang menjadi jaringan dasar yang mengisi lapisan korteks pada akar diantara style dan epidermis. Pada ujung akar muda terdapat empat daerah pertumbuhan, yaitu:

Titik pertumbuhan Pada akar

1. Tudung akar (Kaliptra)pertumbuhan primer pada akar

Tudung akar atau kaliptra berfungsi sebagai pelindung terhadap benturan fisik ujung akar terhadap tanah di sekitarnya. Selain itu, tudung akar juga berfungsi untuk memudahkan akar menembus tanah karena ujung akar dilengkapi dengan sekresi cairan polisakarida yang akan membantu melindungi meristem akar apikal yang selalu aktif membelah diri. Tudung akar berbentuk seperti bidal dan bertindak seperti topi keras yang melindungi ujung akar.

2. Meristem

Meristem merupakan bagian dari ujung akar yang selnya senantiasa aktif membelah diri secara mitosis. Meristem ini terletak di belakang tudung akar. Pada tumbuhan dikotil, sel-sel tudung akar yang rusak akan di gantikan oleh sel-sel baru yang di hasilkan oleh sel-sel meristem primer dari perkem,bangan sel-sel meristem apikal.

3. Daerah pemanjangan sel

Daerah pemanjangan sel terletak di belakang daerah meristem. Sel-sel hasil pembelahan meristem tumbuh dan berkembang memanjang pada daerah ini. Aktivitas pertumbuhan dan perkembangan memanjang dari sel mengakibatkan pembelahan sel di daerah ini menjadi lebih lambat dari bagian lain. Pemanjangan sel tersebut berperan penting untuk membantu daya tekan akar dan proses pertumbuhan memanjang akar.

4. Daerah diferensiasi

Pada daerah diferensiasi, sel-sel hasil pembelahan dan pemanjangan akan mengelompok sesuai dengan kesamaan struktur. Sel-sel yang memiliki kesamaan struktur kemudian akan memperoleh tugas membentuk jaringan tertentu.