Rumus Hukum Kekekalan Energi Mekanik.  Energi mekanik adalah energi yang dimiliki suatu benda karena sifat geraknya.  Dalam ilmu fisika, energi mekanis adalah hasil jumlah dari energi potensial dan energi kinetis yang hadir di dalam komponen-komponen sistem mekanis. Hukum kekekalan energi mengatakan bahwa Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. Energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk lain. Berdasarkan hukum  tersebut, dapat disimpulkan bahwa pada peristiwa jatuhnya buah kelapa, energi berubah bentuk dari energi potensial menjadi energi kinetik.

Energi potensial tidak hilang begitu saja. Namun, berubah sedikit demi sedkit sampai akhirnya menjadi energi kinetik semua. Pada perubahan tersebut, jumlah energi potensial dan kinetik pada kelapa akan sama setiap saat. Dengan kata lain, energi mekanik pada batu akan selalu tetap. Inilah yang disebut dengan hukum kekekalan energi mekanik. Dengan demikian energi mekanik dapat di rumuskan dengan persamaan:

Em = Ep + Ek

Keterangan:

E    =    energi mekanik (J)

Ep =    energi potensial (J)

Ek =    energi kinetik (J)

Hukum kekekalan energi mekanik berlaku apabila tidak ada gaya yang bekerja pada benda. Gaya yang dimaksud adalah gaya gesekan dan hambatan udara. Keberadaan gaya yang bekerja pada benda akan menyebabk energi mekanik pada benda mengalami penambahan dan pengurangan tergantung pada gaya yang bekerja padanya.