Sifat-sifat kode genetik atau kodon. Kode genetik merupakan kombinasi tiga basa (triplet kodon) pada mRNA yang mambawa informasi genetik.  Kode genetik yang dipakai saat ini yaitu kode yang tersusun oleh 3 basa N yang disebut kodon triplet. Kodon triplet ini merupakan bagian 3 basa N yang terdapat pada mRNA. Apabila suatu urutan tiga basa memberikan kode untuk satu asam amino, akan terjadi 43 = 64 kemungkinan kombinasi dari basa sehingga dapat memperinci 64 macam kode genetika. Asam amino yang dikenal sampai saat ini sebanyak 20 macam. Adanya 64 macam kodon dan 20 macam asam amino menyebabkan satu asam amino dapat memiliki lebih dari satu kodon.

Macam-macam sifat Kode Genetik

Berdasarkan banyaknya jumlah kodon / kode genetik yang terbentuk dan jenis asam amino yang di sandikannya, dapat di ketahui sifat-sifat kode genetik yang khas. Sifat kode genetik tersebut antara lain adalah:

  1. Kode genetik bersifat universal, artinya sama pada berbagai jenis organisme.
  2. Kode genetik mempunyai banyak sinonim sehingga hampir setiap asam amino dinyatakan oleh lebih dari sebuah kodon. Contoh semua kodon yang diawali dengan SS memperinci prolin,(SSU,SSS,SSA dan SSG) semua kodon yang diawali dengan AS memperinci treosin(ASU,ASS,ASA,ASG).
  3. Tidak tumpang tindih, artinya tiada satu basa tungggalpun yang dapat mengambil bagian dalam pembentukan lebih dari satu kodon, sehingga 64 itu berbeda-beda nukleotidanya.
  4. Kode genetik dapat mempunyai dua arti yaitu kodon yang sama dapat memperinci lebih dari satu asam amino.

Untuk mengetahui apa saja ke 64 kode genetik dan apa saja asam amino yang di sandikannya dapat di baca dalam artiket berikutnya.