Tahap Pertumbuhan Primer pada Tumbuhan. Tahap pertumbuhan Primer pada tumbuhan terjadi setelah fase perkecambahan. Pada fase pertumbuhan primer, akan terbentuk tiga sistem jaringan primer yang akan tumbuh dan terus berkembang. Ketiga jaringan meristem primer tersebut adalah:

  1. Protoderm, yaitu lapisan terluar yang akan berdeferensiasi menjadi jaringan epidermis,
  2. Meristem dasar, adalah jaringan yang akan berkembang menjadi parenkim atau jaringan dasar yang mengisi lapisan korteks pada akar diantara style dan epidermis.
  3. Prokambium, yaitu lapisan dalam yang akan berkembang menjadi silinder pusat atau berdeferensiasi menjadi jaringan pengangkut, yaitu floem dan xylem.

pertumbuhan primerPertumbuhan primer terjadi akibat aktivitas jaringan meristem yang aktif membelah. Pertumbuhan primer di tandai oleh tiga hal, yaitu:

  • Pembelahan sel, terjadi pada bagian titik tumbuh akar dan batang serta pada jaringan kambium (bersifat meristematik)
  • Pembentangan sel, dimana sel pada bagian meristem primer akar dan batang setelah mengalami pembelahan secara apikal, akan mengalami pemanjangan yang mengakibatkan pertambahan panjang akar dan batang.
  • Diferensiasi sel, perubahan sel dari bentuknya yang semula ke bentuk lain yang di dukungnya, fase ini terjadi setelah sel mengalami pemanjangan dan pendewasaan.

Berdasarkan bagian tumbuhan yang mengalami pertumbuhan, pertumbuhan primer di bedakan menjadi 2, yaitu:

1. Pertumbuhan primer pada akar
Akar muda yang keluar dari biji akan segera masuk dan menghujam ke dalam tanah dan memulai pertumbuhannya sehingga terbentuk sistem perakaran yang kuat untuk menunjang pertumbuhan batang.  Pada akar yang masih muda terdapat empat daerah pertumbuhan, yaitu tudung akar, meristem, daerah pemanjangan sel dan daerah diferensiasi.

2. Pertumbuhan Primer pada batang
Pertumbuhan dan perkembangan primer pada batang terjadi pada derah pertumbuhan (titik tumbuh), daerah pemanjangan dan daerah diferensiasi. Meristem apikal pada batang di bentuk oleh sel-sel yang senantiasa membelah pada ujung tunas yang disebut kuncup.