Tahap-tahap Proses Sintesis Protein. Sintesis protein adalah proses yang paling penting dalam kehidupan organisme. Karena protein di butuhkan hampir di semua faktor yang mendukung kehidupan. Mulai di tingkat sel hingga proses tumbuh kembang organisme tersebut. Bahkan organisme paling sederhana tetapi paling kompleks seperti virus, mengantungkan hidupnya pada keberadaan protein. Proses sintesis protein memiliki 2 tahap penting, yaitu:

Tahap-tahap Proses Sintesis Protein

1. Transkripsi

Transkripsi adalah penyalinan kode genetik dalam DNA menjadi mRNA.  DNA yang terletak di dalam nukleus merupakan suatu cetakan kode genetik yang menghasilkan informasi genetik. Kode genetik disusun oleh urutan basa nitrogen (A, T, G, dan C).  Proses transkripsi diawali dengan melekatnya RNA polimerase pada molekul DNA sehingga sebagian rantai double helix DNA membuka. Akibatnya, salah satu rantai DNA yang membuka tersebut mencetak RNA. Rantai DNA yang mengandung kode-kode genetik (kodon) dan dapat mencetak mRNA disebut rantai sense. Rantai DNA yang tidak mencetak mRNA disebut rantai antisense. Penyalinan kode genetik DNA akan terus terjadi sampai RNA polimerase mencapai sinyal terminasi. RNA polimerase ini merupakan satu set spesifik nukleotida yang menandai akhir dari gen yang akan disalin. Transkripsi terjadi di dalam inti sel.

2. Translasi

Translasi adalah proses penerjemahan kode genetik yang dibawa mRNA oleh tRNA. Setelah mRNA keluar dari dalam inti, selanjutnya ia bergabung dengan ribosom dalam sitoplasma. Langkah berikutnya adalah penerjemahan kode genetik (kodon) yang dilakukan oleh tRNA. Caranya, tRNA akan mengikat asam amino tertentu sesuai yang dikodekan oleh kodon, lalu membawa asam amino tersebut dan bergabung dengan mRNA yang telah ada di ribosom. Langkah tersebut dilakukan secara bergantian oleh banyak tRNA yang masing-masing mengikat satu jenis asam amino yang lain. Asam amino-asam amino akan berjajar
membentuk urutan sesuai dengan kode yang dibawa mRNA sehingga terbentuklah protein.

Dalam tahapan proses sintesis protein di kenal 3 jenis RNA, yaitu:

  1. mRNA (messenger RNA) ditranskripsi dari DNA dan membawa informasi genetik dari DNA yang akan diterjemahkan menjadi asam amino.
  2. tRNA (transfer RNA) “menafsirkan” kodon tiga huruf dari asam nukleat dengan kata asam amino satu huruf
  3. rRNA (ribosomal RNA) adalah jenis RNA yang bersama dengan protein terkait menyusun ribosom.