Rumus Massa Jenis

Rumus Massa jenis. Massa jenis adalah berat suatu zat di bagi volume.  Seperti kita ketahui Zat memiliki berbagai bentuk dan sifat. Ada zat padat, zat cair dan zat gas. Suatu benda dapat berubah bentuk menjadi berbagai jenis zat. Seperti air contohnya. Air bentuk aslinya adalah zat cair, tapi jika didinginkan akan berubah menjadi zat padat (es) dan jika di panaskan akan menjadi gas (uap).  Walaupun bendanya sama tapi karena bentuk dan sifatnya berbeda, maka air dalam berbagai bentuk tersebut memiliki massa jenis yang berbeda. Air dalam bentuk padat, memiliki massa jenis yang lebih besar dari bentuk cair ataupun bentuk gas. kamuslife pict

Suatu benda yang memiliki volume sangat kecil tapi sangat berat seperti besi bisa di pastikan memiliki massa jenis sangat tinggi. Sedangkan air dengan volume yang sama, massa jenisnya pasti akan lebih rendah dari besi, karena berat air dan berat besi dalam dimensi yang sama adalah berbeda. Dari pernyataan ini dapat di simpulkan bahwa dalam mengukur massa jenis, massa benda akan berbanding terbalik dengan volumenya.

Rumus Massa jenis adalah sebagai berikut:

Massa jenis

Keterangan :

  • ρ = Massa jenis (kg/m3) atau (g/cm3)
  • m = massa (kg atau gram)
  • v = volume (m3 atau cm3)

Dari rumus diatas dapat disimpulkan bahwa benda yang sama, berada dalam bentuk dan sifat yang sama, tak perduli berapa besar berat dan volumennya akan mempunyai massa jenis yang sama. Contohnya besi. Besi dengan luas dimensi 50 cm2 akan memiliki massa jenis yang sama dengan besi yang mempunyai luas dimensi 100m2. Air dalam gelas akan memiliki massa jenis yang sama dengan air yang di letakan dalam ember.