Cara menyajikan Data dalam Statistik

Cara menyajikan Data dalam Statistik. Cara menyajikan data dalam statistika ada 2, yaitu dengan menggunakan tabel dan diagram. Data yang telah di kumpulkan dari suatu penelitian baik itu dalam bentuk data cacahan atau data ukuran, di susun dan di tata sedemikian rupa sehingga dapat di gunakan untuk keperluan atau analisis selanjutnya. Untuk memudahkan dalam membaca data maka data tersebut perlu di sajikan dalam bentuk yang jelas dan menarik. Seperti telah di sebutkan diatas,  terdapat dua cara penyajian data, yaitu dengan menggunakan tabel dan dengan diagram.

1. Tabel

Tabel di gunakan untuk menyajikan data secara teratur dan berurutan. Sebuah tabel umumnya terdiri dari beberapa komponen. Komponen tabel tersebut antara Lain adalah: judul tabel, judul kolom, judul baris, badan tabel, catatan dan sumber data. Untuk lebih jelasnya, lihatlah gambar tabel di bawah ini.

contoh tabel
Dari tabel di atas kita dapat mengetahui komponen tabelnya, yaitu:

  • Judul tabel : Prakiraan cuaca 12 kota besar di Indonesia
  • Judul Kolom : Kota, Cuaca, Suhu, dan Kelembaban
  • Judul Baris : Ambon, Bnadung, Denpasar…dst.
  • Badan Tabel : data cuaca, data suhu dan data kelelmbaban
  • Sumber data : Seputar Indonesia, 22 januari 2007

Dengan menggunakan tabel seperti gambar diatas, kita dengan mudah dapat melihat dan mengetahui keadaan cuaca, suhu dan kelebaban di 12 kota besar yang tertera di tabel.

2. Diagram

Selain dengan tabel, penyajian data dapat dilakukan dengan diagram. Diagram adalah suatu representasi simbolis informasi dalam bentuk geometri dua dimensi sesuai teknik visualisasi. Kadang teknik yang dipakai memanfaatkan visualisasi tiga dimensi yang kemudian diproyeksikan ke permukaan dua dimensi. Kata grafik biasa dipakai sebagai sinonim kata diagram. Diagram banyak sekali macamnya, ada diagram batang, diagram garis, diagram lingkaran, dll. Meski memiliki banyak jenis, tapi mempunyai satu kegunaan yaitu sebagai sarana untuk menyajikan data secara jelas dan menarik.

Contoh Diagram:

contoh diagram