Dino Renteng adalah Hari yang jumlah neptu Dino+Pasaran (weton) berjumlah sama selama tiga hari berturut-turut. Dalam Sepasar (35 hari) ada 2 kali Dino Renteng. Dino Renteng 13 yang jatuh pada hari Jumat Pon, Sabtu Wage, Ahad Kliwon dan Dino Renteng 14 yang jtuh pada hari Jumat Kliwon, Sabtu Legi, Ahad Pahing.
Dino adalah kata nama lain ‘hari’ dalam bahasa jawa. Renteng artinya beruntun.  Jadi Dino Renteng adalah Hari yang beruntun. Waktu kecil dulu, setiap Dino renteng Eyang selalu menyuruh kami berpuasa atau tirakat.

Menurut beliau tirakat pada hari dino renteng itu sangat baik bagi mereka yang sedang menuntut ilmu, baik ilmu dunia maupun ilmu akhirat. Percaya atau tidak terserah anda. Tapi waktu zaman saya sekolah dulu memang terbukti. Namun yang jelas setiap puasa dengan niat yang baik pasti menghasilkan hal yang baik. Eyang tidak menjadikannya sebagai keharusan cuma saran saja. Ambil baiknya, buang buruknya.
Ada lagi, kata orang  Dino renteng berguna untuk meramalkan cuaca. Misal jika hujan turun pada hari Jumat dino renteng alamat selama beberapa hari pasti akan hujan terus-menerus. Begitu juga kalau musim panas. Tidak 100% tepat sih.. tapi ya.. sedia payung sebelum hujan. Begitu pula jika suatu hal terjadi di dino renteng, maka alamat hal tersebut akan terjadi secara beruntun. Jadi waspada saja.

Incoming search terms: