Mimpi itu bunganya tidur! Betul. Apalah artinya tidur tanpa mimpi? Pasti bagai malam tanpa bintang. Senyap dan gersang. Yang membuat tidur menjadi bermakna adalah apabila kita di beri tanda. Tahu tidak bahwa terkadang kita bisa memecahkan masalah saat sedang tidur? Menemukan ispirasi serta ide-ide baru. Darimana datangnya kalau tidur tanpa mimpi?

Namun tidak semua tanda yang muncul dalam mimpi kita itu mempunyai makna. Terkadang yang hadir dari alam bawah sadar kita itu hanyalah sebuah fatamorgana. Bagaimana membedakannya? Primbon Jawa memberi Alternative dalam memecahkan profil sebuah mimpi berdasarkan perhitungan hari dan pasaran saat mimpi itu terjadi termasuk waktu dan jamnya. Bukan meramal apa maksudnya sebab itu terlalu luas, tapi menerka kebenarannya dan bila akan terjadi.
Ada 2 factor yang mempengaruhi profil mimpi
1. Faktor waktu
Dalam perhitungan mimpi, malam hari di bedakan kedalam 3 waktu. A)Sepertiga malam pertama (pkl 10-2), B)sepertiga malam kedua (pkl 2-4) dan C)sepertiga malam ketiga (pkl 4-6). Jika mimpi terjadi pada pada waktu A) atau C) tak perlulah di ambil hati sangat. KArena pada saat-saat itu biasanya yang terbawa dalam mimpi adalah kejadian-kejadian yang pernah/ingin kita alami atau sesuatu yang ada hubungannya dengan psikologis. Mimpi yang sebenarnya biasanya hadir pada waktu B).
2. Faktor Hari dan Pasaran (Weton)
FAktor kedua berfungsi untuk menentukan benar tidaknya sebuah mimpi dan bila akan terjadinya.
Misal, jika kita bermimpi pada malam Senin Pahing, tentukan wetonnya dengan melihat Neptu hari dan Pasaran. Maka: Senin=4 Pahing=9 => ditambahkan(+)
A) Menentukan kebenarannya
Weton di bagi(/) 3 dan di lihat sisa berapa.
=> 4+9= 13=> 13/3= 4 sisanya 1 lalu padankan dengan maknanya dalam tabel A. Artinya mimpi itu benar dan ada artinya.
B) Menentukan waktu kejadiannya
Weton di bagi (/) 4 dan di lihat sisa berapa
=>4+9=13 => 13/4=3 sisanya 1 lalu padankan dengan maknanya di tabel B. Artinya mimpi itu akan terjadi dalam dalam waktu dekat
Semoga bermanfaat. Percaya atau tidak no problem setidaknya dalam hidup ini kita di wajibkan untuk berwaspada.