Aesop Fable atau Aesop Fabel adalah sebuah istilah untuk kumpulan cerita tentang hewan (Fable) karya Aesop seorang pengarang Yunani kuno yang hidup sekitar tahun 620 – 560 sebelum masehi.
Aesop atau sering di tulis dengan kata Æsop, (berasal dari bahasa Yunani Αá¼´σωπος—Aisōpos) dikenal sebagai pengarang cerita-cerita fabel yang melegenda. Melalui fabel itu Aesop mengajarkan pendidikan moral pada para pembacanya dengan mengambil tokoh utama para hewan lengkap dengan sifat-sifat mereka. Cerita fabel karya Aesop ini, hingga kini banyak digunakan sebagai subyek dari berbagai macam hiburan, khususnya dalam drama anak-anak dan kartun.

Riwayat Hidup Aesop

Kehidupan Aesop sendiri kurang jelas. Dia diperkirakan hidup sebagai budak (pelayan) di Samos sekitar tahun 550 SM, dan asal tempat kelahirannya pun tidak jelas.
Konon menurut sejarah sastra, Aesop dikatakan mengarang banyak cerita fabel yang kemudian diceritakan turun-temurun dari mulut ke mulut hingga sampai kepada kita. Begitu populernya fable karya Aesop hingga Socrates (salah satu pemikir di jaman kuno) diperkirakan menghabiskan waktunya saat di penjara dengan mengubah Aesop fabel ke dalam bentuk sajak.
Melihat begitu banyaknya pengajaran yang bisa diambil dari perumpaan cerita hewan (fable) yang dikarang Aesop, banyak filsuf dan pemikir-pemikir di jaman setelah Aesop menyatukan kembali kumpulan cerita tersebut menjadi satu kesatuan yang kemudian dikenal istilah Aesop Fables atau Aesop Fabel.
Meski disebut dengan istilah Aesop fables bukan berati seluruh karya yang terangkum didalamnya adalah karya Aesop. Sebenarnya tidak semua. Karena beberapa karangan dalam Aesop fabel telah ada sebelum era Aesop. Jadi secara umum, yang kita kenal sebagai Aesop fabel adalah bukanlah fabel karya Aesop saja tapi juga merupakan kumpulan cerita dari berbagai macam sumber yang berasal dari pengarang yang hidup sebelum Aesop ada.