Kebudayaan Indonesia sebagai salah satu Akar Budaya Nasional Malaysia. Ini adalah fakta. Melihat begitu banyak kebudayaan daerah Indonesia yang berusaha untuk di klaim sebagai budaya Malaysia. Baik dalam bentuk budaya tari-tarian, alat musik, nyanyian, masakan, dll.
Kebudayaan daerah Indonesia menjadi akar budaya nasional Malaysia merupakan suatu hal yang sangat menggembirakan. Karena biasanya sebuah negara selalunya bersifat egois dan jarang sekali mau mengakui kebudayaan bangsa lain sebagai bagian dari kebudayaannya. Maka klaim Malaysia terhadap salah satu kebudayaan daerah Indonesia sebagai Kebudayaan Nasional merupakan nilai lebih bagi Indonesia dimata dunia. Pengakuan Malaysia terhadap kebudayaan Indonesia bisa di artikan sebagai pengakuan bahwa Malaysia secara khusus tidak bisa dipisahkan dari Indonesia.
Kebudayaan daerah Indonesia merupakan dasar dari kebudayaan Nasional Indonesia. Sebagai sebuah negara yang multi cultural Indonesia sangat kaya akan keanekaragaman budaya, dari Sabang sampai Merauke berjajar ratusan pulau yang dihuni oleh berbagai suku bangsa dengan adat istiadat budaya yang berbeda. Inilah Identitas bangsa Indonesia. Adat iatiadat dan budaya daerah itulah yang kemudian menjadi budaya Indonesia. Jika kemudian salah satu budaya itu di klaim sebagai budaya Malaysia bukankah itu berarti bahwa Budaya Indonesia menjadi Akar Budaya Nasional Malaysia?
Maka alangkah baiknya jika kedua bangsa yang mempunyai akar budaya yang hampir sama ini saling bahu membahu mempromosikan dan mengenalkan kebudayaanya pada dunia daripada bersengketa?