Kisah Buah Anggur yang Masam. Kisah buah anggur yang masam adalah sebuah fabel yang berkisah tentang seekor rubah dan buah anggur. Sebenarnya banyak sekali kisah rubah dan kebun anggur. Sepertinya rubah dan kebun anggur sudah menjadi objek fabel yang melegenda. Sehingga ada banyak kisah yang diambil dari rubah dan kebun anggur. Salah satunya adalah fabel di bawah ini….

Kisah Buah Anggur yang Masam

Suatu hari, ada seekor rubah yang sedang lapar lewat disebuah kebun Anggur. Ia melihat kebun anggur itu sedang berbuah lebat dan sudah masak. Buah anggur itu besar-besar dan berwarna kehitam-hitaman. Sungguh menggiurkan. Kalau dilihat dari penampakan, pasti buah anggur itu manis dan segar. Rubah yang sedang lapar itu berkata pada dirinya sendiri, “pasti buah anggur itu manis rasanya. Aku harus mencicipinya untuk menghapus dahaga..”
Lalu si Rubah melompat untuk memetik buah anggur itu. Tapi karena terlalu tinggi, si Rubah tidak bisa mencapainya. Berkali-kali dia mencoba untuk meraih buah anggur itu, tapi selalu saja gagal.  Namun dia tida putus asa. Diulangnya lagi dan lagi… melompat tinggi sekuat tenaga… namun setiap kali pula… dia kembali menjejak tanah dengan tangan hampa. Sudah lapar semakin melanda… dahaga juga tidak sirnah.. tenaga terbuang sia-sia.
Akhirnya dengan putus asa, rubah itu meninggalkan kebun anggur itu. Seraya berjalan menjauh, si rubah bicara sendiri, “Ah.. apa gunanya mencicipi buah anggur itu, toh buah anggur itu masam rasanya!” ucap si rubah berusaha untuk menghibur diri sendiri dan mengalihkan perhatian dari buah anggur yang ranum itu. Dengan menganggap buah anggur itu masam, maka si rubah tidak akan merasa terlalu berduka karena tidak bisa mencicipinya. Tapi benarkah buah angur itu masam? Rubah itu tidak tahu. Lalu apakah buah anggur itu manis? Rubah itu juga tidak tahu.
Kisah buah anggur yang masam ini ada hikmah di sebaliknya. Yaitu untuk menyadarkan kita bahwa sebaiknya kita tidak mengatakan sesuatu yang kita tidak tahu. Karena jika kita mengatakan sesuatu yang tidak tahu itu artinya kita tidak mampu. Seperti si Rubah  tolol itu. Karena dia tidak bisa memetik buah anggur itu maka dia mengatkan bahwa anggur itu masam. Padahal itu belum tentu. Jika ada orang yang seperti itu maka katakan saja: Anggur yang Masam… untuk menyadarakannya…
Di dunia nyata kita sering mendengar ada orang yang berkata bahwa Kaya harta benda itu tidak akan membuat orang bahagia. Benarkah demikian? kalau menurut anda demikian, berarti anda orang miskin… muehehehe… sorry No Offence!